alexametrics

3 Durasi Permainan Terlama di Thomas Uber Cup 2020, Ada Jonatan Christie

Nabila Prajna
3 Durasi Permainan Terlama di Thomas Uber Cup 2020, Ada Jonatan Christie
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie merayakan gelar juara dengan memegang trofi Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB. [BWF/Badminton Photo].

Sempat tertunda selama satu tahun karena pandemi, Piala Thomas Uber Cup 2020 resmi digelar pada 9-17 Oktober 2021. Dalam ajang rebutan piala Thomas Uber ini, ada tiga pertandingan yang dimainkan dengan durasi terpanjang.

Tiga pertandingan yang memakan lebih dari 80 menit ini dilakukan oleh dua sektor, di mana terdapat dua pertandingan tunggal putra dan satu pertandingan ganda putri. Dua di antara tiga pertandingan durasi terpanjang ini dimainkan oleh Jonatan Christie. Inilah tiga pertandingan yang berhasil mencatatkan waktu terlama diajang Thomas Uber Cup 2020:

1. Indonesia vs China

Peraih emas Asian Games 2018, Jonatan Christie sebelumnya memang sudah dikenal sebagai pemain anti durasi. Di mana setiap pertandingan yang dimainkan, ia biasanya bermain dengan tempo yang lebih lama.

Di ajang Thomas Uber Cup 2020 pun, Jonatan kembali bermain dengan durasi yang sangat panjang dengan waktu 80 menit lebih. Saat itu, Jonatan berhadapan dengan pemain muda asal China Li Shifeng.

Perjuangannya yang lama pun dibayar tuntas oleh Jonatan Christie setelah mereka berhasil tundukkan lawan dengan 21-14, 18-21, 21-14. Tak hanya menang, ia juga berhasil bawa kembali piala Thomas kembali ke Indonesia. 

2. Indonesia vs Denmark

Sebelum di puncak final Thomas Cup, Jonatan Christie juga telah mencatatkan rekor durasi terlama di Thomas Uber Cup 2020. Kala itu, Jonatan harus berhadapan dengan putra asli Aarhus Anders Antonsen.

Pertandingan ini tidak mudah bagi Jonatan, melihat penampilan Anders Antonsen yang berhasil tampil gemilang di ajang Sudirman Cup 2021. Pada saat ini, Anders berhasil mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting. Di pertandingan tersebut Anthony tak diberi celah sedikit pun untuk menyerang pertahanan Anders. 

Beberapa penggemar bulu tangkis pun mengkhawatirnya performa Jonatan yang sempat naik turun. Namun, ia harus tetap bertemu dengan Anders. 

Di pertandingan babak semi final pun, Jonatan tampil all out dalam menghadapi Anders. Dua pemain ini pun sudah dikenal sebagai pemain anti durasi. Hingga akhirnya mereka pun mencetakkan over durasi di Thomas Uber Cup dengan 100 menit.

3. Jepang vs China

Tak kalah seru, perebutan juara piala Uber Cup pun diraih dengan hasil permainan yang over durasi. Turun sebagai ganda pertama, Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. 

Pada babak pertama, kedua permain terus beradu seting dengan menyentuh angka 29 untuk kemenangan Chen/Jia. Sama-sama menampilkan permainan terbaiknya, para pemain terus memperkokoh pertahanan dan nemberikan serangan yang mematikan satu sama lain dan mencatatkan durasi selama 46 menit pada gim pertama.

Pertandingan itu pun harus berakhir dengan tiga gim untuk kemenangan China dengan total durasi terlama di Thomas Uber Cup 2020 dengan melebihi 100 menit. Rekor ini pun tercatat dengan 117 menit.

Itulah pertandingan bulu tangkis dengan durasi terlama sepanjang Thomas Uber Cup 2020.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak