alexametrics

Manusia Virtual Rozy Diprediksi Hasilkan Lebih Banyak Uang daripada Idol Korea

Shinta Ci
Manusia Virtual Rozy Diprediksi Hasilkan Lebih Banyak Uang daripada Idol Korea
Potret Rozy, Influencer dengan kecerdasan buatan. (Allkpop).

Manusia virtual Rozy diprediksi akan menghasilkan lebih banyak uang daripada sebagian idol dan aktor tahun ini. Rozy telah dengan cepat menyapu industri hiburan Korea Selatan, popularitasnya sangat mengejutkan.

Manusia virtual tersebut pertama kali muncul pada Agustus 2020. Dikembangkan oleh Sidus Studio X , Rozy mungkin terlihat seperti gadis berusia 22 tahun. Namun, dia sebenarnya adalah manusia influencer virtual pertama di Korea Selatan. 

Selama setahun terakhir, dia mengumpulkan lebih dari 100.000 pengikut di Instagram. Tapi, yang paling menonjol, dia juga mendapatkan sejumlah kesepakatan dengan brand terkenal. 

Di masa lalu, kesepakatan endorsement teratas biasanya pergi ke idol K-Pop populer dan aktor/aktris K-Drama. Tapi sekarang, influencer virtual seperti Rozy telah menjadi pilihan alternatif yang menjanjikan bagi brand-brand terkenal.

Menyadur dari Koreaboo, Rozy bahkan telah terpilih sebagai model untuk Asuransi Jiwa Shinhan awal tahun ini. Setiap minggu, ia juga mengambil beberapa postingan Instagram yang disponsori untuk merek seperti Calvin Klein, Maison Margiela, dan Hera Beauty. Secara total, Rozy telah mengerjakan lebih dari 100 sponsor sejak dia dibuat. 

Menurut Baek Seung Yeop, CEO Sidus Studio X, ada beberapa alasan mengapa brand beralih ke influencer virtual. Pertama, model 3D ini tidak dapat terlibat dalam skandal apa pun yang dapat membahayakan reputasi. Tahun ini saja, banyak idola dan aktor telah dikeluarkan dari kesepakatan kerja sama setelah terlibat dalam kontroversi. 

Selain itu, manusia virtual dapat berada di mana saja kapan saja (termasuk di banyak tempat pada waktu yang sama), dan mereka tidak pernah menua. Ini memberi brand  jauh lebih banyak kebebasan daripada yang biasanya mereka miliki dengan model manusia. 

Tentu saja, ini semua berarti bahwa pendapatan iklan yang biasanya masuk ke industri entertaiment di Korea Selatan seperti K-Pop atau K-Drama perlahan-lahan mengalir ke studio manusia virtual.

Dan Rozy khususnya, menghasilkan jumlah uang yang mengejutkan. Tahun ini saja, dia diprediksi akan menghasilkan $850.000 USD (sekiitar 12 juta rupiah) atau bahkan lebih dari itu. 

Angka ini jauh lebih banyak daripada yang diperoleh banyak penyanyi dari perusahaan kecil selama seluruh karier mereka. Meski begitu, Rozy tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Faktanya, Baek Seung Yeop mengatakan ada rencana untuk merilis suara untuk Rozy, sehingga manusia virtual tersebut bisa bermain di film, K-Drama, dan acara hiburan lainnya. 

Beberapa perusahaan besar akhir-akhir ini tampaknya melihat ada lebih banyak peluang dari manusia virtual dan semakin banyak yang menunjukkan minat untuk mengembangkannya. Tahun lalu, SM Entertainment bahkan memulai debutnya dengan aespa— grup perempuan di mana masing-masing dari empat anggota memiliki rekan virtual AI. 

Sementara itu, Kakao Entertainment dan Netmarble, baru-baru ini bermitra untuk membuat girl grup AI mereka sendiri yang dikabarkan beranggotakan empat orang.

Wah, luar biasa sekali ya kemajuan teknologi saat ini. Bagaimana menurutmu tentang keberadaan manusia virtual?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak