facebook

Mahasiswa Jember Wilayah Utara Bergabung dalam Gerakan Peduli Semeru

Fathorrozi Ledokombo
Mahasiswa Jember Wilayah Utara Bergabung dalam Gerakan Peduli Semeru
Sumber: (DocPribadi/Fathorrozi)

Dengan tujuan menambah jiwa sosial dan peduli terhadap kesusahan sesama, utamanya kepada korban bencana erupsi gunung Semeru Lumajang, kumpulan mahasiswa Jember Utara tergerak dalam menggalang donasi untuk meringankan beban korban yang juga untuk membantu memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh korban yang terdampak.

Gerakan Peduli Semeru merupakan perkumpulan mahasiswa Jember wilayah utara yang tergabung dari beberapa universitas negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Jember, yaitu Universitas Jember (Unej), Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Universitas Islam Jember (UIJ), Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember, Universitas Terbuka (UT) Jember, STIE Mandala Jember dan STIS Nurul Qarnain Jember, melaksanakan kegiatan penggalangan donasi yang akan didistribusikan kepada korban dampak bencana Semeru.

Pergerakan yang diketuai oleh Riky Efendi, mahasiswa Universitas PGRI Argopuro Jember Jurusan Pendidikan Ekonomi, ini mulai turun jalan sejak tanggal 19 Desember 2021. Penggalangan donasi direncanakan selama dua pekan dengan turun jalan dan door to door di kecamatan yang mudah dijangkau. Kecamatan yang selama ini sudah tersentuh antara lain Kecamatan Tamanan, Sukowono, Kalisat, Arjasa, Mayang, Sumberjambe dan Ledokombo.

Jadwal penggalangan donasi yang diikuti oleh 104 mahasiswa itu hingga tanggal 2 Januari 2022 dan akan diserahkan sendiri oleh mereka secara langsung kepada korban bencana Semeru pada tanggal 9 Januari 2022.

M. Najmul Huda selaku penanggung jawab pergerakan ini berharap para mahasiswa mudah terketuk hatinya untuk mengulurkan tangan dalam menolong dan membantu orang lain saat tertimpa musibah atau bencana. Dengan begitu, jiwa sosial nanti akan tertanam dalam diri mereka.

“Yang telah mahasiswa Jember Utara lakukan ini adalah wujud implementasi dari hadis Nabi yang berbunyi: ‘Allah akan menolong seorang hamba, jika hambaNya tersebut menolong saudaranya’,” kata M. Najmul Huda kepada 104 mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Peduli Semeru tersebut, sebelum turun ke lapangan.

Riky Efendi beserta teman-temannya bertekad akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan dengan upaya maksimal. Usaha yang telah dia lakukan, semoga menjadi amal ibadah dan mampu meringankan beban korban terdampak Semeru. 

“Ini merupakan bentuk peduli kami kepada mereka para korban erupsi Semeru, sebab mereka adalah saudara-saudara kami yang butuh bantuan kami,” katanya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak