facebook

Jadwal Peristiwa Penting Tahun 2022: AFF U-23 hingga Piala Dunia 2022

Ahmad Afandi Muhaimin
Jadwal Peristiwa Penting Tahun 2022: AFF U-23 hingga Piala Dunia 2022
Sirkuit Mandalika di Lombok (Instagram/motogplombok)

Setelah melewati akhir tahun penuh ketegangan bagi Indonesia yang pada akhirnya harus puas bertengger di posisi Runner Up pada gelaran AFF Suzuki Cup 2020, memasuki tahun 2022, kini Indonesia menatap kembali kesempatan untuk tampil dan menjadi pemenang di banyak ajang internasional.

Pada tahun 2022 bakal ada banyak event akbar yang dapat memanjakan para pencinta olahraga tanah air. Inilah peristiwa penting tahun 2022 yang akan segera digelar:

1. AFF U23 Kamboja

Pelatih Shin Tae Yong tidak bisa istirahat begitu saja pasca membawa pasukan Garuda Muda menjadi Runner Up di ajang AFF Suzuki Cup 2020. Ia kini harus memulai kembali menyusun taktik terbaiknya pada para Garuda Muda yang akan mengikuti kejuaraan AFF U23 2022 di Hanoi. Ditambah dengan absennya beberapa pemain bintang di antaranya Elkan Baggot, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaeman yang ke semuanya itu terikat kontrak dengan klub sepakbola luar negeri.

Gelaran AFF U23 ini akan menjadi pertandingan internasional pembuka sepanjang tahun 2022 yang akan diadakan pada 14  hingga 26 Februari 2022.

2. Indonesia jadi tuan rumah MotoGP

Ajang balapan MotoGP kali ini akan menarik banyak perhatian masyarakat tanah air. Pasalnya, pada tahun ini, Indonesia kebagian menjadi tuan rumah bagi pertandingan balap motor nomor satu di dunia itu.

Marquez CS dan kawan-kawin nantinya akan memulai debutnya secara langsung di Mandalika International Street Circuit pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2022. Pagelaran MotoGP yang ada di Indonesia merupakan seri kedua setelah balapan sesi pembuka pada 6 Maret 2022 di Qatar.

3. Sea Games Hanoi 2021

Pesta olahraga se-Asia Tenggara ini juga terdampak oleh mewabahnya Covid-19 di seluruh dunia. Imbasnya dapat dilihat adanya keterlambatan yang seharusnya diselenggarakan pada tahun yang lalu, pada akhirnya bisa terlaksana tahun ini.

Sea Games 2021 kali ini akan terselenggara sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri yakni pada tanggal 12-23 Mei 2022. Negara yang kebagian menjadi tuan rumah adalah Vietnam.

4. Asian Games Hangzhou 2022

Tiga bulan pasca Sea Games Hanoi 2021, para atlet harus bersiap-siap kembali untuk memompa semangatnya. Pasalnya, Asian Games sudah menantikan mereka di gerbang negara China, Hangzhou. Kejuaraan yang akan di selenggarakan 10 hingga 25 September 2022 ini bakal diramaikan oleh seluruh negara yang ada di Asia.

5. Piala Dunia 2022

Pesta sepakbola terbesar di dunia kali ini akan tersaji kembali di tahun ini. Tuan rumah yang akan menjamu para punggawa sepakbola terbaik di dunia kali ini adalah Qatar, negara kecil, tetapi kaya raya.

Sampai berita ini ditulis, sudah ada beberapa negara yang memastikan dirinya untuk unjuk gigi di Qatar nanti, dari kawasan Eropa sudah ada Prancis, sang juara bertahan, Jerman, Spanyol, Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Belanda, Serbia, Swiss. Sementara dari zona Amerika Selatan sudah ada Argentina dan Brasil yang sudah pasti dapat tiket, ditambah satu lagi yakni Qatar selaku tuan rumah memastikan diri untuk tampil di ajang Piala Dunia 2022.

6. Piala AFF 2022

Sekitar bulan November hingga Desember nanti bakal ada AFF Cup 2022. Sebagai penutup di tahun 2022 sekaligus ajang balas dendam atas kekalahan pasukan Garuda Muda pada Thailand di laga final AFF Suzuki Cup 2020. Kesebelasan yang di nahkodai oleh Shin Tae Yong harus mampu tampil ciamik agar dapat memegang tropi kejuaraan yang sempat tertunda kemarin. Semangat, Pasukan Garuda Mudaku.

Itulah event penting tahun 2022 yang akan segera digelar. Jangan kelewatan ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak