facebook

Masih Bingung? Ini 9 Alasan Kamu Harus Berinvestasi

Ahmad Afandi Muhaimin
Masih Bingung? Ini 9 Alasan Kamu Harus Berinvestasi
Ilustrasi investasi. (Pexels.com)

Apa investasi itu? Buat kamu yang masih belum mengetahui investasi, setelah baca tulisan ini dijamin kamu pasti akan mendapat pencerahan yang sangat berharga.

Investasi merupakan instrumen keuangan yang dilakukan dengan mengeluarkan untuk membeli modal atau barang-barang yang tidak dikonsumsi sekarang namun akan digunakan kegiatan produksi guna menghasilkan barang atau jasa di masa yang akan datang. Simpelnya investasi ini adalah uangmu akan bekerja untukmu dan akan menghasilkan untung suatu hari nanti.

Cara melakukannya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Kamu bisa berinvestasi dengan membeli tanah, emas atau bisa dengan membeli saham, reksadana dan lain-lain.

Selanjutnya gunanya melakukan investasi itu gunanya buat apa sih? Nah, di bawah ini ada 9 manfaat yang dapat kamu simak dengan baik.

1. Lanjut kuliah

Pertama, dengan berinvestasi sejak dini kamu dapat memiliki kesempatan untuk meneruskan kuliah atau mengenyam pendidikan di tingkat selanjutnya. Kamu akan bisa lebih bebas tujuan kampusmu karena kamu sudah mempersiapkan sebelumnya dengan instrumen investasi.

2. Naik haji

Buat kamu yang ingin sekali menunaikan ibadah haji atau memberangkatkan orang tua, opsi investasi ini bagus. Hal itu karena kesempatan untuk menunaikan ibadah haji semakin besar.

3. Modal nikah

Manfaat lain dari investasi yang kamu lakukan adalah kamu bisa gunakan dana itu sebagai modal nikah. Ambil contoh jika kamu sekarang berusia 20 tahun dan berencana pada usia 25 tahun maka jangka waktu investasi yang kamu butuhkan adalah 5 tahun. Itu merupakan waktu yang sangat cukup lo.

4. Beli rumah

Setelah menikah pasti kamu pasti memikirkan dana untuk membeli rumah. Nah untuk sementara setelah menikah kamu bisa mengontrak dulu hehe. Namun disamping itu kamu bisa melakukan investasi dalam jangka waktu tertentu dan membelikan rumah buat keluarga kecilmu.

 5. Keliling dunia

Opsi keliling dunia ini memang tidak semua orang bisa melakukannya namun hal itu bukan sesuatu yang mustahil buat kamu lakuin jika kamu melakukan investasi. 

 6.Passive income

Passive income adalah pendapatan yang kita dapatkan tanpa kita harus melakukan apa-apa. Dengan melakukan investasi sambil bekerja keras, dan di waktu yang sama kamu bisa memantau hasil kerja keras uangmu yang kamu gunakan investasi. 

7. Financial freedom

Investasi meniscayakan seseorang kelak bisa menikmati yang namanya financial freedom atau kebebasan finansial. Jadi kamu dalam tahap itu sudah memiliki banyak uang yang didapatkan dengan leyeh-leyeh. Pada posisi itu kamu sudah bisa membeli sesuatu tanpa melihat harga lagi. Enak bukan.

8. Dana pendidikan anak

Manfaat lain jika kamu melakukan investasi adalah kamu bisa merencanakan dan mengalokasikan dana tersebut buat anak-anakmu kelak. Pendidikan anak akan lebih terjamin tanpa harus bingung dananya dapat dari mana.

9. Dana pensiun

Terakhir, tujuan yang dapat direncanakan ketika melakukan investasi ialah masa pensiun kita tak perlu lagi kita cemaskan. Hasil investasi bertahun-tahun yang kita lakukan dapat kita petik buahnya pada saat kita sudah tak lagi berbuat banyak seperti dulu lagi. 

Diluar itu ada juga investasi yang penting khususnya buat kamu yang masih muda. Itu adalah investasi leher ke atas. Maksudnya adalah selalu memupuk otak yang kita miliki dengan banyak belajar yang itu akan membuat pola pikir kita menjadi lebih baik dan bisa melewati berbagai lika-liku kehidupan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak