facebook

Mengenal 4 Posisi Pemain pada Olahraga Futsal

Fatson Tahya
Mengenal 4 Posisi Pemain pada Olahraga Futsal
Timnas Futsal Indonesia (Twitter/GarudaNFT)

Futsal adalah olahraga yang mengandalkan fisik, sehingga dalam olahraga futsal dibutuhkan kolektivitas yang baik agar permainan sebuah tim dapat berkembang secara maksimal, sama seperti sepak bola pada olahraga futsal juga ada posisi-posisi dalam sebuah permainan, berikut empat posisi pemain pada olahraga futsal.

1. Kiper

Seperti pada sepak bola, peran posisi kiper di olahraga futsal juga ada, kiper adalah posisi untuk menjaga gawang, menghalau bola yang meluncur ke gawang. Kiper pada olahraga futsal juga boleh memegang bola, sama seperti pada sepak bola.

Kiper pada olahraga futsal sangat sering terlibat pada sebuah serangan permainan, dikarenakan jumlah pemain futsal yang berjumlah 5 orang pada setiap permainan mengharuskan kiper juga dapat membantu serangan. Kiper pada olahraga futsal juga harus memiliki refleks yang cepat karena pada futsal arah bola yang datang akan lebih dekat dan keras.

2. Anchor

Posisi ini juga biasa disebut jangkar, anchor atau jangkar merupakan pemain yang berada di area pertahanan dalam permainan futsal. Tidak hanya soal bertahan, posisi anchor juga harus pintar dalam mengatur serangan. Karena tugasnya ganda, seorang anchor harus memiliki ketahanan fisik yang kuat serta bagus dalam penguasaan bola. Pemain pada posisi anchor adalah posisi pemain yang paling bertanggung jawab pada saat ada serangan dari lawan.

3. Flank

Kalau di permainan sepakbola ada posisi sayap, pada olahraga futsal pemain pada posisi tersebut sering disebut dengan flank. Pemain pada posisi ini adalah motor serangan pada sebuah tim. Jumlah flank biasanya terdiri dari 2 orang dan beroperasi di sisi kiri dan sisi kanan lapangan.

Tugas dari pemain yang berada di posisi flank adalah, menyerang dari sayap dan memberi umpan kepada pemain depan. Namun pada saat ini, posisi flank diharuskan dapat bermain secara lebih dinamis yaitu juga ikut dalam membantu pertahanan, serta tetap dapat melakukan serangan dan mencetak gol. Pemain yang berada di posisi flank biasanya mempunyai kecepatan yang tinggi.

4. Pivot

Pemain yang berada di posisi pivot adalah pemain yang berada di area depan, tugas dari pivot adalah untuk mencetak gol dan membuka ruang untuk agar terjadi peluang untuk mencetak gol. Pivot merupakan penyerang murni dalam olahraga futsal. Ketajaman untuk mencetak gol harus dimiliki oleh seorang pemain yang bermain di posisi pivot, pivot juga mempunyai tugas meredam serangan lawan pada area tengah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak