facebook

Selain Aspal, Inilah 8 Hasil Olahan Minyak Bumi

Fatson Tahya
Selain Aspal, Inilah 8 Hasil Olahan Minyak Bumi
Ilustrasi Tambang Minyak Bumi (freepik)

Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alam atau sering disingkat dengan SDA, salah satu sumber daya alam yang ada di Indonesia adalah minyak bumi, seperti telah banyak diketahui minyak bumi saat ini menjadi salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang berasal dari hasil penguraian jasad hewan dan tumbuhan (bahan organik) selama jutaan tahun.

Bahan organik yang terakumulasi ini selanjutnya akan tertimbun serta dipengaruhi oleh suhu serta tekanan sehingga dapat mengubah struktur usur utama di dalam bahan organik tersebut menjadi hidrokarbon. Minyak bumi merupakan bahan mentah berbentuk cairan pekat berwarna hitam, maka dari itu sumber daya alam yang satu ini sering juga disebut dengan emas hitam, agar minyak bumi dapat dimanfaatkan maka akan dilakukan proses pemisahan fraksi dalam struktur minyak bumi, proses ini sering disebut dengan istilah destilasi minyak bumi. Berikut 8 hasil olahan dari minyak bumi.

1. Bensin

Produk hasil olahan pertama dari minyak bumi adalah bensin. Bensin adalah senyawa hidrokarbon yang terdiri atas komponen oktan serta n-heptana. Bensin memiliki sifat mudah menguap dan mudah terbakar sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan bakar kendaraan. Proses bensin sebelum dapat digunakan harus melalui tahap blending, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dari bensin, pada tahap ini juga ditambahkan zat aditif, inilah yang menyebabkan bensin memiliki grade kualitas yang berbeda-beda.

2. Solar

Pengunaan solar yang utama adalah untuk bahan bakar, daripada bensin, solar lebih mudah didapatkan dan mempunyai harga yang lebih terjangkau, solar bersifat tidak mudah menguap, kualitas solar ditentukan berdasarkan kestabilan, kekentalan, dan spek pembakarannya.

3. LPG

LPG adalah singkatan dari Liquefield Petroleum Gas,, LPG adalah hasil penyulingan gas cair minyak bumi, terdapat berbagai kandungan unsur yang ada di dalam LPG, unsur-unsur tersebut seperti butana, propana, etana, dan pentana.

LPG digunakan untuk bahan bakar khususnya untuk bahan bakar rumah tangga ataupun bahan bakar industri.

LPG sebelum digunakakn akan ditambah zat pembau, tujuannya agar sebagai tanda kepada pengguna saat terjadi kebocoran, jika tidak ditambahkan zat ini, gas LPG yang bocor akan sangat berbahaya bagi pengguna karena mudah terbakar.

4. Aspal

Aspal adalah hasil dari olahan minyak bumi, aspal adalah senyawa hidrokarbon yang bersifat kental serta melekat, warna dari aspal umumnya adalah cokelat kehitaman, aspal juga memiliki sifat tahan air.

Aspal digunakan untuk pembuatan jalan, sehingga jalan menjadi lebih bagus dan halus, ini dikarenakan aspal memiliki kemampuan untuk mengikat batuan, sehingga batuan yang menjadi bahan utama pembuatan jalan tidak terlepas.

5. Minyak tanah

Minyak tanah juga dimanfaatkan untuk bahan bakar, terutama untuk bahan bakar kompor, minyak tanah diperoleh dari fraksi kerosin minyak bumi, selain dijadikan sebagai bahan bakar, minyak tanah juga dimanfaatkan untuk bahan pembuatan cairan pengusir serangga.

6. Parafin

Parafin memiliki bentuk padat yang sering disebut sebagai lilin parafin, hasil olahan minyak bumi yang satu ini biasanya digunakan untuk kebutuhan industri, khususnya industri furnitur, penggunaan parafin biasanya untuk pelapis biasanya terdapat pada cat atau tinta.

Parafin juga digunakan pada kerajinan pembuatan batik, bahan pembuatan batik yaitu malam bahan dasarnya terbuat dari parafin, parafin juga dapat digunakan untuk produk kecantikan, untuk menggunakan parafin sebagai produk kecantikan maka parafin harus diolah dengan proses pengolahan khusus, agar produk kecantikan yang menggunakan prafin tidak menimbulkan efek negatif.

7. Avgas (Aviation Gasoline)

Avgas adalah hasil olahan minyak bumi yang mirip dengan avtur, perbedaannya adalah avgas hanya digunakan untuk pesawat dengan ruang pembakaran internal dan mempunyai jenis mesin piston, selain digunakan untuk bahan bakar pesawat, avgas juga digunakan untuk bahan bakar pesawat tempur serta mobil balap.

Avgas dinilai kualitasnya berdasarkan jumlah bilangan oktan pada anti ketikannya. Avgas mempunyai kandungan timbal, sehingga dapat berdampak negatif bagi lingkungan.

8. Aviator Turbine (Avtur)

Aviator turbine atau yang sering disebut dengan avtur adalah hasil olahan minyak bumi yang digunakan untuk bahan bakar pesawat terbang yang mempunyai mesin berjenis turbin. Avtur pada dasarnya terbuat dari bahan dasar kerosin, maka dari itu karakteristik avtur hampir sama dengan kerosin.

Avtur memiliki keunggulan yaitu volalitasnya lebih kecil, ini meminimalisir terjadinya kehilangan bahan bakar karena penguapan saat terbang, avtur juga memiliki keunggulan kandungan energi per volumenya lebih tinggi, hal ini berguna untuk membantu penyaluran energi, sehingga pesawat dapat terbang dengan jarak yang jauh.

Demikian penjelasan tentang 8 hasil olahan minyak bumi, semoga informasi ini menjadi tambahan pengetahuan tentang salah satu sumber daya alam ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak