facebook

Viral 5 Tahun Merantau, Pria Ini Mudik Beri Kejutan Ibunya Bawa Calon Istri

Rozi Rista Aga Zidna
Viral 5 Tahun Merantau, Pria Ini Mudik Beri Kejutan Ibunya Bawa Calon Istri
Pria merantau lima tahun beri kejutan ibunya sambil bawa calon istri (Instagram/@dunia_kaumhawa)

Meski jauh merantau, tetap ke pangkuan ibu tempat kembali pulang. Sekian lama merantau, rindu anak pada orang tua dan ingin segera berjumpa, terutama kepada perempuan yang telah mengandung selama sembilan bulan, selalu didambakan. 

Demikian pula dengan seorang pria dalam tayangan video viral ini. Setelah sekian lama, bertahun-tahun, tepatnya lima tahun merantau tidak pernah pulang kampung, lebaran tahun ini akhirnya dia bisa pulang dengan memberi kejutan kepada keluarga dan sekalian mengenalkan calon istri kepada ibunya.

Pria yang berprofesi sebagai pelaut itu memulai perjalanan pulangnya dari Pelabuhan Tanjung Uban (Kepulauan Riau) menuju Tanjung Pinang untuk menjemput calon istri. Setelah itu, keduanya melakukan perjalanan panjang dari Tanjung Pinang ke Batam, lalu ke Jakarta, dan lanjut ke Samarinda.

Dari Tanjung Pinang ke Batam, pria perantau yang ditemani calon istrinya tersebut menaiki kapal feri. Setelah tiba di Batam, keduanya mengendarai mobil taksi menuju bandara.

Ketika tiba di Jakarta untuk transit, keduanya menunggu selama sepuluh jam untuk penerbangan selanjutnya menuju Kalimantan, dan tepat pukul 06.00, mereka terbang menuju Balikpapan (Kalimantan Timur). Sesampainya di Balikpapan, keduanya pun langsung melanjutkan perjalanan darat menuju Samarinda, kampung halamannya.

Satu jam setengah kemudian, keduanya sampai di kampung halaman dengan disambut derai tangis bahagia ibunya. Momen bahagia pun tidak bisa dipungkiri.

Saat pria perantau itu mengucapkan salam ke ibunya, si ibu menjawab sambil langsung memeluk dan tak kuasa menahan tangis. Dengan tangan yang menepuk-tepuk pundak si anak, sang ibu terus mencium anaknya.

Si anak bahagia bisa berjumpa kembali dengan ibunya sambil memperkenalkan calon istrinya. Sang ibu pun sangat bahagia menyambut kepulangan anaknya.

Video viral ini di-repost oleh akun Instagram @dunia_kaumhawa dari akun TikTok bob.bewok pada Minggu (8/5/2022). Video ini telah ditonton lebih dari 72 ribu kali dan mendapat 2 ribuan tanda suka, serta beragam komentar haru dari warganet.

"Ikut nangis, Ibu," kata salah satu mereka.

"Perjalananmu gak mudah, Bang. Jangan sia-siakan harapan orang tua dan harapan orang tua calon istri," tambah yang lain.

"Aku pasti nangis kalau lihat begini. Karena mereka sangat bahagia ketika bisa mudik dan masih bisa mmelihat sang ibu. Sedangkan aku ketika mudik hanya bisa melihat batu nisa Mama," ucapnya juga.

"Lihat videonya saja capek. Betapa jauhnya itu pulang kampung," ujar warganet lainnya.

"Tidak kebayang sih lima tahun tidak bisa pulang. Suami satu tahun setengah tidak bisa pulang saja, begitu pulang bahagianya bukan main. Salut buat kita semua yang sedang berjuang dan bekerja keras jauh dari keluarga, terutama untuk keluarga pelaut," timpal yang lain.

"Selalu terharu lihat video begini tentang orang tua kita. Tetap semangat, semoga panjang umur, Ibu, dan lancar rencana pernikahannya. Lima tahun tidak pulang, tidak tahu kondisi masnya gimana. Bisa jadi peraturan pekerjaan, ongkos dan perjalanan yang jauh ditambah pandemi. Barakallah. Wallahu a'lam," imbuh sebagian mereka. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak