facebook

Perpika, Organisasi Berkumpulnya Pelajar Indonesia di Korea

Tim Yoursay
Perpika, Organisasi Berkumpulnya Pelajar Indonesia di Korea
Vania, salah satu anggota Perpika saat mengunjungi rooftop perpustakaan Seoul National University untuk acara "Virtual Tour to South Korea" bersama Yoursay.id pada Jumat (1/4/2022).

Semakin maraknya budaya Hallyu atau Korean Wave di Indonesia, semakin tinggi pula minat masyarakat untuk melanjutkan Pendidikan di Korea Selatan, terutama kawula muda. Tak berhenti sampai di situ, masuknya Korea Selatan di urutan kedua sebagai negara dengan Pendidikan terbaik di dunia, jadi pertimbangan penting banyak orang untuk menyambung pendidikannya di Negeri Gingseng ini. Ngomong-ngomong soal pendidikan di Korea, ada yang sudah pernah mendengar Perpika?

Nah, buat kamu yang berencana atau akan meneruskan pendidikan di Korea, wajib banget kenal Perpika! Apa, sih, Perpika? Apa hubungannya dengan pendidikan di Korea? Kenapa kamu harus tahu?

Perpika merupakan wadah bagi para pelajar Indonesia di Korea Selatan untuk berkumpul, bersendau gurau, serta berorganisasi. Melalui Perpika, seluruh elemen pelajar Indonesia di Korea Selatan, mulai dari pelajar, mahasiswa undergraduate degree (S1), mahasiswa master’s degree (S2), mahasiswa doctoral degree (S3), mahasiswa double/dual degree, hingga mahasiswa exchange yang silih berganti tiap semester maupun tahun, dapat berbagi mimpi maupun cita-cita satu sama lain.

Selama jalan pendidikan berlangsung, para pelajar akan didampingi secara profesional oleh keluarga besar Perpika. Rekan-rekan PMI (Pekerja Migran Indonesia), stakeholder eksternal Perpika, para pejabat, staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, serta elemen masyarakat Indonesia lainnya turut menjadi bagian dari keluarga besar Perpika di tanah Korea ini, lho!

Perpika sendiri didirikan tahun 2002, serta bagian dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di seluruh Dunia (PPI Dunia; PPID), atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan nama OISAA (Overseas Indonesian Students Assocoation Alliance).

Perpika merupakan akronim dari Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan. Dalam lingkup PPID, sebutan untuk Perpika secara lengkap adalah PPI-Korea Perpika, yang mana diperlukan untuk mempermudah identifikasi asal negara dari perhimpunan mahasiswa terkait.

Kalau kamu kepo dengan berbagai kegiatan menarik dari Perpika, jangan lupa follow Instagram resmi Perpika, @perpika ya, chingu! Salah satu kegiatan menarik di instagram Perpika dan selalu ditunggu, adalah bedah kampus virtual. Beberapa kampus yang pernah dibedah Perpika meliputi Dong-A University, Pukyong National University, dan Kyungsung University.

Nah, belum lama ini, Perpika bersama Yoursay.id berbagi keseruan dan pengalaman sekolah di Korea melalui acara bertajuk "Virtual Tour to South Korea" juga, lho! Lewat bedah kampus virtual ini, kamu tidak hanya diberikan informasi seputar universitas, tapi tentunya diajak campus tour! Seru sekali, bukan?

Untuk info selengkapnya, kamu bisa menghubungi Perpika melalui alamat email contact@perpika.kr dan perpikaintegrasikarya@gmail.com, atau melalui layanan telepon di (82-10) 6441-2903. Kamu juga bisa mengetahui lebih lanjut Perpika dengan datang langsung ke Fungsi Pensosbud, The Embassy of The Republic of Indonesia in Seoul, 380 Yeouidaebangroo, Yeongdeungpo-gu, Seoul, Korea, 07342.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak