facebook

Tidak Untuk Ditiru! Anak SD Usia 10 Tahun Antar Adik ke Sekolah Pakai Mobil

Haqia Ramadhani
Tidak Untuk Ditiru! Anak SD Usia 10 Tahun Antar Adik ke Sekolah Pakai Mobil
Anak kecil usia 10 tahun mengendarai mobil. (Facebook/Inforoadblock)

Pada umumnya orangtua yang memiliki anak usia 10 tahun hanya memperbolehkan buah hatinya mengendarai sepeda angin. Hal tersebut dilakukan sebab anak usia 10 tahun yanh masih dibangku sekolah dasar memang belum waktunya untuk mengemudi kendaraan bermotor

Usianya yang masih di bawah umur akan berbahaya jika mengemudikan kendaraan bermotor. Namun, orangtua di Malaysia ini justru dengan santainya membiarkan sang anak yang berusia 10 tahun mengemudikan mobil. 

Orangtuanya menunjukkan kemampuan sang anak tersebut dalam video yang diunggah di TikToknya. Akun media sosial Facebook Inforoadblock mengunggah ulang video itu. 

Rekaman video memperlihatkan anak laki-laki berusia 10 tahun itu mengemudikan mobil merah milik keluarganya. Dia mengemudikan mobil untuk mengantarkan sang adik pergi ke sekolah. 

Anak itu menggantikan sang mama yang tidak bisa mengantarkan adikknya pergi ke sekolah. 

"Mama telat banget mau nganterin dia ke sekolah. Anak 10 tahun bawa mobil ke sekolah. Ajak abang adek, hati-hati Qayyum," tulisan dalam video seperti dikutip oleh Yoursay.id, Rabu (18/5/2022). 

Orangtua Menyerahkan Diri ke Polisi

Anak 10 tahun antarkan adik ke sekolah naik mobil. (Facebook/ Inforoadblock)
Anak 10 tahun antarkan adik ke sekolah naik mobil. (Facebook/Inforoadblock)

Menyadari video anaknya berusia 10 tahun naik mobil viral, orangtua menyerahkan diri ke polisi. Ibu dari anak tersebut mengakui jika akun TikTok yang mengunggah pertama kali video itu adalah miliknya. 

"Kejadian itu terjadi pada pukul 07.00, Selasa (10/5/2022) di Pekan Nanas saat mereka bersiap-siap ke sekolah. Ibu dari 3 anak ini mengaku bahwa akun TikTok yang memamerkan video tersebut adalah akunnya sendiri," kata Kepala Polisi Distrik Pontian Inspektur Mohammad Shofee Tayib.

Orangtua dari anak 10 tahun yang mengemudikan mobil ini terjerat dua undang-undang sekaligus, yakni tentang Anak dan Angkutan Jalan (APJ).

"Orangtua atau wali yang mengizinkan anak di bawah umur untuk mengemudikan kendaraan dapat  dituntut berdasarkan pasal 33 Undang-Undang Anak 2001. Selain itu, pemilik kendaraan dapat dituntut menurut pasal 39 (5) APJ 1987," terangnya. 

Warganet mengecam orangtua dari anak tersebut yang memperbolehkan buah hatinya yang masih di bawah mengemudi mobil.

"Demi konten," ujar salah satu warganet.

"Ingin viral sekali sampai mengabaikan nyawa anak-anak," sahut yang lain.

"Zaman sekarang ramai makpak bodoh main TikTok," imbuh lainnya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak