facebook

36 Tahun, Kuli Bangunan Wanita Menyamar Jadi Pria Akibat Sering Dilecehkan

Haqia Ramadhani
36 Tahun, Kuli Bangunan Wanita Menyamar Jadi Pria Akibat Sering Dilecehkan
Petchiammal wanita yang menyamar sebagai pria demi putrinya. (YouTube/ ETV Telangana)

Perjuangan seorang wanita yang telah menjadi ibu sungguh luar biasa. Seorang wanita bisa menjadi ibu yang merawat anaknya sekaligus ayah yang mencari nafkah. 

Kisah haru perjuangan seorang wanita demi putri tercinta datang dari India. Melansir daru Indiatoday.in, Petchiammal berasal dari desa kecil Kattunayakanpatti, Thoothukudi Tamil Nadu menyamar menjadi pria untuk membesarkan putri tunggalnya supaya aman dalam masyarakat patriarki. 

Petchiammal adalah wanita yang kini usianya sudah meginjak 57 tahun. Dia menyamar sebagai seorang pria selama 36 tahun. 

Petchiammal bercerita jika dirinya mengalami beberapa bulan yang sukut setelah pernikahannya. Suaminya Siva meninggal dunia usai 15 hari pernikahan mereka. 

Ketika itu, Petchiammal berusia 20 tahun dan segera melahirkan putrinya Shanmugasundari. Dia merasa kesulitan untuk membesarkan sang putri seorang diri tanpa suami disisinya. 

Petchiammal untuk bisa menghidupi putri tunggalnya berkerja di berbagai tempat seperti kontruksi, hotel, dan toko teh. Dia mengalami pelecehan seksual di tempat kerjanya yang didominasi oleh laki-laki.

Suatu hari, setelah berbulan-bulan menghadapi ejekan dan pelecehan seksual, Petchiammal memutuskan untuk merubah penampilannya menjadi 'pria'. Dia mengubah pakaiannya dengan menggunakan kemeja dan sarung. 

Demi Menafkahi Sang Putri Tercinta

Petchiammal wanita yang menyamar sebagai pria demi putrinya. (YouTube/ ETV Telangana)
Petchiammal wanita yang menyamar sebagai pria demi putrinya. (YouTube/ ETV Telangana)

Petchiammal juga mengganti namanya menjadi Muthu. Sejak saat itu, dia memutuskan untuk tidak menikah lagi. 

Selama 36 tahun menyamar sebagai pria dan bermukim di Kattunayakanpatti hanya putri dan kerabat dekat saja yang mengetahui identitas aslinya. 

"Kami bermukim kembali di Kattunayakanpatti lebih dari 20 tahun yang lalu. Hanya kerabat dekat saya di rumah dan putri saya yang tahu bahwa saya seorang wanita," kata Petchiammal. 

Kehidupan Petchiammal kini jauh lebih baik. Shanmugasundari, sang putri sekarang sudah menikah dengan keadaaan finansial keluarganya yang stabil. 

Meskipun sang putri tercinta yang selama ini dia perjuangkan sudah mempunyai kehidupan baik bersama sang suami. Namun, Petchiammal belum siap untuk mengubah pakaian atau identitasnya seperti sedia kala sebagai seorang wanita. 

Dia merasa identitasnya menyamar menjadi pria membuat sang putri akan aman sampai kapanpun. Petchiammal akhirnya mengambil memutuskan tetap menjadi 'Muthu' selamanya. 

Petchiammal baru-baru ini memperoleh kartu pekerjaan MGNREGS dengan identitas wanita. Menurut kartu Aadhaar, kartu jatah, dan ID pemilihnya, dia masih tetap seorang pria. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak