facebook

Unik! Pengantin Diarak Bukan Pakai Mobil Mewah, Tapi Naik Mobil Bak Terbuka

Haqia Ramadhani
Unik! Pengantin Diarak Bukan Pakai Mobil Mewah, Tapi Naik Mobil Bak Terbuka
Pengantin diarak menggunakan mobil bak terbuka. (TikTok/sahirrosle)

Mengarak pengantin yang baru saja menikah biasanya menggunakan mobil mewah. Namun, pengantin satu ini menggunakan kendaraan tak biasa yang digunakan untuk mengarak. 

Pasangan pengantin dari Tanjung Piandang, Perak menggunakan mobil bak terbuka sebagai kendaraan yang akan mengarak mereka. Akun pengguna media sosial TikTok sahirrosle membagikan momen pasangan pengantin ini diarak dengan mobil bak terbuka.  

"Lori bawa barang, bukan. Lori bawa pengantin, iya," tulisan dalam video seperti dikutip oleh Yoursay.id, Senin (23/05/2022). 

Rekaman video memperlihatkan mobil bak terbuka dihias menggunakan tulisan 'Selamat Pengantin Baru Iqbal dan Rose' ditempel di bagian depan. Ada kursi dan dua hiasan bentuk pohon diletakkan di dalam bak mobil. 

Ada dua botol yang disambungkan dengan tali dipasang di bagian kanan dan kiri belakang mobil. Kedua pengantin duduk bersanding di dua kursi yang menghadap ke belakang. 

Dua orang akan membawa payung untuk melindungi pengantin supaya tidak kepanasan. Pengiring pengantin juga ikut berdiri di dalam bak mobil. 

Pengantin ini diarak menggunakan mobil bak terbuka menuju ke tempat resepsi pernikahan diselenggarakan. Video unggahan sahirrosle tersebut sudah ditonton sebanayak 23,8 ribu kali oleh pengguna TikTok.

Tradisi Keluarga

Pengantin diarak menggunakan mobil bak terbuka. (TikTok/ sahirrosle)
Pengantin diarak menggunakan mobil bak terbuka. (TikTok/ sahirrosle)

Melansir dari Mstar.com, kakak pengantin pria Rozita Mohamed mengungkapkan apabila mengarak pengantin menuju pelaminan adalah tradisi turun temurun keluarganya. 

"Tradisi ini awalnya dari kakek, saat itu om baru menikah dibawa menggunakan Hiluk. Ia kemudian menurunkan kepada anak cucu hingga kini," kata Rozita. 

Pada pernikahan Iqbal dan Rose kali ini keluarga sepakat untuk memilih menggunakan mobil bak terbuka. 

"Kali ini, seluruh keluarga memilih mobil bak terbuka sebagai kendaraam yang membawa pengantin," ucap Rozita yang akrab dipanggil Kak Yong. 

Wanita berusia 49 tahun tersebut menginformasikan jika setiap pasangan yang akan menikah di keluarganya pasti tidak sabar menunggu tradisi itu. Ia menjelaskan apabila pengatin baru tersebut naik mobil bak terbuka dari Pantai Ban Pecah hingga ke rumah yang menjadi lokasi resepsi pernikahan. 

 Rozita menambahkan bahwa tradisi tersebut bukan semata pula untuk memeriahkan resepsi pernikahan. Namun, juga menghibur tamu undangan yang hadir di resepsi pernikahan. 

 Ia berharap apabila tradisi mengarak pengantin dengan mobil bak terbuka di keluarganya bisa tetap terjaga. Mengingat nasihat dari almarhum kakeknya supaya selalu mempererat hubungan kekeluargaan dan membantu sanak saudara yang kekurangan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak