facebook

5 Makanan Khas Palembang dengan Cita Rasa Unik dan Lezat, Wajib Coba!

yulia kartika
5 Makanan Khas Palembang dengan Cita Rasa Unik dan Lezat, Wajib Coba!
Martabak Har, salah satu kuliner khas Palembang selain pempek. (Guideku/Arendya)

Sama seperti daerah lainnya di Indonesia, Palembang menawarkan banyak makanan khas yang unik dengan cita rasa tak terlupakan. Anda pasti sangat familiar dengan pempek? Ya, pempek adalah salah satu makanan khas Palembang yang gurih dan terkenal di seluruh Indonesia. Tak hanya pempek lho, jika Anda berencana pergi ke Palembang, mari simak daftar makanan khas Palembang yang lezat.

1. Laksan dan Celimpungan

Makanan khas Palembang dan daerah Sumatera Selatan lainnya ini mirip dengan pempek. Olahan daging ikan gabus dan tepung sagu diuleni hingga halus, lalu dibentuk memanjang. Proses masaknya dengan dikukus kemudian dipotong-potong. Laksan diberi santan berwarna merah dari cabai yang menggugah selera. 

Berbahan dasar yang sama, celimpungan memiliki kuah kuning dari parutan jahe dan kunyit. Adonannya tidak dibentuk memanjang, namun bulat-bulat kemudian baru direbus. Jangan ragukan lagi kuliner Palembang dari olahan ikan yang gurih, nikmat, dan bebas bau amis!

2. Malbi

Makanan yang sering tersedia saat acara hajatan di Palembang ini diolah dari irisan daging sapi, bumbu halus rempah-rempah, gula kelapa, kelapa goreng, dan minyak goreng. Perpaduan manisnya gula kelapa dan pedasnya cabai sangat pas di lidah. Malbi bertekstur empuk dan disantap bersama disantap bersama nasi minyak dan sambal nanas. Tertarik pengen mencobanya? 

3. Martabak Har

Makanan khas Palembang yang tergolong kuliner legendaris ini wajib Anda coba. Martabak India ini dilengkapi isian telur utuh yang disiram dengan kuah kari. Rasanya otentik dan tekstur luarnya crispy. Bumbu rempah yang kuat dan cita rasa gurih khas Palembang menjadi daya tarik martabak yang hanya ada di Palembang ini.

4. Nasi Kari Minyak Kambing

Icip nikmatnya nasi kari minyak kambing dari tumisan bumbu halus rempah, susu atau santan yang membuatnya gurih. Nasi yang digunakan beras India yang tinggi serat. Cara mengolahnya dengan dikukus. Bumbu kari kambing muda menyempurnakan cita rasa nasi minyak. Anda akan mudah menemukan kuliner Timur Tengah ini di permukiman Arab yang tinggal di Palembang.

5. Pindang Patin

Makanan khas Palembang, pindang patin, juga banyak diminati para wisatawan. Salah satu jenisnya adalah pindang tempoyak ikan patin. Lembutnya ikan patin yang gurih berpadu dengan sambal tempoyak yang beraroma asam pedas benar-benar pecah di mulut. Bumbu halus yang ditambahkan nanas, tomat, kemangi, dan bawang merah menjadi kunci kelezatan pindang tempoyak patin. Jangan lupa menyantap makanan gurih, pedas, nan nikmat ini saat berada di Palembang.

Itulah beberapa makanan khas Palembang yang unik dan bisa Anda nikmati saat berada di Jawa Barat. Manakah makanan di atas yang ingin Anda coba lebih dahulu?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak