facebook

Pelayan Rumah Makan Hitung Pesanan Secepat Kalkulator Bikin Pembeli Bengong

Haqia Ramadhani
Pelayan Rumah Makan Hitung Pesanan Secepat Kalkulator Bikin Pembeli Bengong
Pelayan rumah makan ini menghitung dengan cepat pesanan pelanggan. (Instagram/ undercover.id)

Meskipun kalkulator hingga mesin hitung elektronik lainnya sudah ada. Namun, masih banyak rumah makan di Indonesia yang dihitung secara manual. 

Bicara soal hitung manual di rumah makan, baru-baru ini ada video viral mengenai itu. Video postingan dari pengguna TikTok elsanuriza tersebut diunggah ulang oleh akun Instagram elsanuriza. 

"Ada lawan?" tulis pengunggah sebagai keterangan unggahannya seperti dikutip oleh Yoursay.id, Minggu (29/05/2022).

Rekaman video memperlihatkan suasana rumah makan Haji Munir di Jambi sedang ramai pembeli. Keluarga dari Elsa ini sudah selesai makan di sana. 

Mereka hendak membayar semua pesanan yang sudah di makan. Seorang pelayan yakni ibu-ibu paruh baya datang untuk menghitung semua pesanan yang harus dibayar oleh keluarga Elsa. 

Ibu tersebut membuat Elsa sekeluarga bengong melihat aksinya berhitung secepat kalkulator. 

"8, 8 nasinya ada tujuh. 8 kali 7, 56. Berarti (menambahkan satu pesanan lain) 66. Kemudian lauknya dari sini 4, 4. Di sini 3, 4 ditambah 3 berarti 7. 12 dikali 7 berarti 84. 84 ditambah dengan 3 jadi 87," hitungnya dengan cepat. 

Pembeli Bengong

Pelayan rumah makan ini menghitung dengan cepat pesanan pelanggan. (Instagram/ undercover.id)
Pelayan rumah makan ini menghitung dengan cepat pesanan pelanggan. (Instagram/ undercover.id)

Ibu itu berhitung sambil menulis di nota kecil dan mengecak jumlah piring serta gelas yang ada di meja makan. 

"Kemudian ini ayam, satu duo tigo empat limo, 60. 60, 24, 84. 84 ditambah dengan 10 berarti 94. Kemudian kerupuknyo satu duo tigo empat limo enam tujuh delapan, 8 dikali 3 berarti kerupuknya 24. Kemudian minumnya satu duo tigo, 12 kali 8 berarti 96, kemudian totalnya," lanjut si ibu menghitung. 

Beliau mengulang lagi hitungannya dengan cepat hingga memperoleh total seluruh pesanan yang harus dibayar keluarga Elsa yakni 367ribu rupiah. Total seluruh pesanan keluarga Elsa yang dihitung ibunya tepat sekali. 

Pantas saja seorang anggota keluarga Elsa mengatakan, "Kalah kalkulator,". Video viral ibu itu menghitung secepat kalkulator menuai berbagai respons positif dari warganet. 

"Dia yang ngitung, saya yang ngos-ngosan," ungkap salah satu warganet. 

"Real mentri keuangan," sahut yang lain.

"Collab sama jerome" ujar lainnya.

"Itu itungannya tepat ya, karena gue download videonya terus gue slowmo ibunya ngomong. Sehat-sehat selalu bu," timpal warganet yang lain. 

Unggahan video dari Instagram undercover.id sendiri hingga artikel ini disusun sudah mendapatkan 11 ribu suka. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak