facebook

Segini Gaji Direktur Pertamina, Auto Jadi Milairder dalam Sebulan

Nadia Lutfiana
Segini Gaji Direktur Pertamina, Auto Jadi Milairder dalam Sebulan
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) berbincang dengan Direktur Utama PT Pertamina Nicken Widyawati ketika melakukan kunjungan kerja di Pertamina Refinery Unit II Dumai, Provinsi Riau, Rabu (15/7/2020). [Antara/Humas Kemenperin]

Pada masa pandemi Covid-19 sepanjang 2020-2021 pendapatan Pertamina yang turun sempat menjadi sorotan publik. Di tengah kondisi itu, gaji Direktur Pertamina tetap tak bisa dibilang kecil.

Bahkan di akhir 2021 lalu, pegawai Pertamina yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) mengancam melakukan pemogokan kerja selama sepuluh hari akibat adanya pemotongan gaji tanpa didahului komunikasi dengan jajaran direksi. 

Lalu berapa gaji Direktur Pertamina? gaji direktur utama ditetapkan dengan menggunakan pedoman internal yang ditetapkan oleh Menteri BUMN selaku RUPS  Pertamina.

Sementara itu, gaji direksi lainnya ditetapkan dengan komposisi Faktor Jabatan, yaitu wakil direktur utama sebesar 95% dari gaji direktur utama, dan anggota direksi lainnya 85% dari gaji direktur utama.

Lebih lanjut, honorarium dewan komisaris juga diatur dengan persentase tertentu dari gaji direktur utama, yakni komisaris utama 45% dari gaji direktur utama, wakil komisaris utama 42,5% dari gaji direktur utama, dan anggota dewan komisaris 90% dari honorarium komisaris utama.

Pada 2020 lalu, ketika Pertamina terdampak pandemi Covid-19 kompensasi direksi dan komisaris ditetapkan sebesar USD 38,89 juta atau sekitar Rp565,06 miliar dengan kurs Rp14.529.

Direksi mendapatkan USD 27,83 juta atau Rp 404,31 miliar, sedangkan komisaris memperoleh USD 11,06 juta atau Rp160,75 miliar. Gaji di atas dihitung per tahun. 

Pada tahun tersebut, Pertamina memiliki enam jajaran direksi termasuk direktur utamanya. Apabila gaji mereka dianggap rata, direktur utama diperkirakan memperoleh Rp67,38 miliar per tahun atau Rp5,61 miliar per bulan. Nilai tersebut belum memperhitungkan jabatan lain seperti vice president dan senior vice president. 

Seperti diketahui, Pertamina kini tengah memperbaiki lini bisnis, salah satunya dengan pendirian Pertashop, unit pengisian bahan bakar dengan kapasitas lebih kecil daripada Pertamina.

Pemerintah juga akan mengatur secara ketat skema pembelian bahan bakar, di mana pemilik kendaraan mewah dilarang membeli BBM jenis Pertalite. 

Ke depan, Pertalite yang merupakan jenis BBM bersubsidi hanya bisa dibeli oleh kalangan tertentu. Namun demikian, peraturan resmi mengenai distribusi bahan bakar ini belum diketok. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak