facebook

Kagum! Sekeren Ini Wujud Uang Kertas 100 Ribu di Bawah Sinar Ultraviolet

Haqia Ramadhani
Kagum! Sekeren Ini Wujud Uang Kertas 100 Ribu di Bawah Sinar Ultraviolet
Ilustrasi uang 100 ribu rupiah. (Unsplash.com/Muhammad Daudy)

Uang kertas menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia hingga kini. Wujud uang kertas Indonesia untuk setiap nominalnya sendiri selalu berbeda-beda. 

Namun, desainnya tetap menggambarkan tentang kekayaan nusantara. Bicara soal uang kertas, baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan wujud uang Rp 100 ribu ketika di bawah sinar ultraviolet bisa sangat keren. 

"OMG, baru tahu Rupiah sekeren ini," tulisan dalam video seperti dikutip oleh Yoursay.id, Senin (27/6/2022). 

Rekaman video unggahan dari akun media sosial Instagram viralinbro memperlihatkan betapa kerennya selembar uang Rp 100 ribu di bawah sinar ultraviolet. Tampak berbagai gambar yang khas dengan Indonesia di dalam lembaran uang Rp 100 ribu. 

Ada gambar burung di dalam uang lembaran Rp 100 ribu tersebut. Gambar yang mengejutkan di dalam uang ini adalah bintang-bintang di bagian sisi belakang. 

Ada pula gambar bunga-bunga di sini. Bukan hanya itu, di dalam lembaran uang Rp 100 ribu ternyata juga ada gambar batiknya.

Tepat di atas foto Soekarno-Hatta gambar batik terlihat jelas dan cantik. Menariknya lagi, gambar batik seperti berada di bayangan foto dua tokoh proklamator Indonesia itu. 

Gambar batiknya pun membelah di antara foto keduanya. Tak lupa tulisan BI terlihat dengan jelas saat di bawah sinar ultraviolet. 

Uang Kertas 100 Ribu di Bawah Sinar Ultraviolet

Lembaran uang 100 ribu rupiah di bawah sinar ultraviolet. (Instagram/ viralinbro)
Lembaran uang 100 ribu rupiah di bawah sinar ultraviolet. (Instagram/viralinbro)

Uang rupiah yang dirilis BI sendiri termasuk uang teraman di dunia. Rupiah mempunyai sistem pengamanan tiga level yang sangat kompleks. 

Level 1 (terbuka), pengamanan keaslian uang yang dapat dideteksi tanpa alat bantu cukup dengan 3D yaitu, dilihat, diraba, dan diterawang. Level 2 (semi tertutup), pengamanan uang yang dapat dideteksi dengan alat sederhana misalnya lampu ultraviolet dan kaca pembesar. Level 3 (tertutup), pengamanan yang hanya dapat dideteksi memakai mesin sortasi dari Bank Sentral atau peralatan laboratorium. 

Baru beberapa jam diunggah, video mengenai kerennya wujud uang Rp 100 ribu di bawah sinar ultraviolet ini sudah mendapatkan 79,5 ribu tayangan di reels Instagram. Warganet langsung membanjiri kolom komentar unggahan video tersebut untuk menuliskan berbagai tanggapan. 

"Kayak begini amannya masih bisa dipalsu, asli dah sedih banget," komentar seorang warganet. 

"Yah aman sih aman, tapi kayaknya kalau uang pakau selotip masih laku saja kayaknya keamanannya masih kurang," ujar lainnya. 

"Sekarang sudah ada duit palsu yang disinari UV nyala logo BInya," sahut warganet yang lain. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak