facebook

Gemas! Dua Kakek Duduk Lesehan di Depan Toko sambil Mainkan Permainan Tradisional

Haqia Ramadhani
Gemas! Dua Kakek Duduk Lesehan di Depan Toko sambil Mainkan Permainan Tradisional
Ilustrasi dua kakek bermain. (Unsplash.com/Vlad Sargu)

Bermain menjadi aktivitas menyenangkan yang tidak hanya dilakukan oleh anak-anak saja. Namun, orang yang sudah lanjut usia juga tetap senang bermain. 

Sama dengan dua kakek ini walau usianya lanjut tetap bermain permainan tradisional. Momen tersebut diabadikan dalam sebuah video singkat yang diunggah ulang oleh akun media sosial Instagram underc0ver.id. 

"Tempat kalian ini namanya apa?" tulis pengunggah sebagai keterangan unggahan seperti dikutip oleh Yoursay.id, Selasa (28/6/2022). 

Rekaman video diambil oleh seorang pengendara mobil yang kebetulan melintas. Pengendara mobil yang behenti karena lampu lalu lintas berwarna merah dibikin salah fokus dengan dua kakek. 

Mereka duduk lesehan di depan sebuah toko yang tutup di dekat lampu lalu lintas. Dua kakek tersebut ternyata sedang bermain dam-daman. 

Dua kakek yang bermain dam-daman terlihat menggemaskan. Meskipun usianya sudah tua, mereka tidak lupa dengan masa kecil dulu yang sering bermain dam-daman. 

Dam-daman yang digunakan untuk dua kakek tersebut bermain sangat sederhana. Papan kotak-kotaknya digambar di tanah. 

Sementara, pion yang digunakan sebagai alat dalam permaian ini memakai batu. Permainan dam-daman sendiri menjadi mainan tradisional yang populer pada generasi 80an ke belakang. 

Bermain Dam-daman

Dua kakek bermain dam-daman. (Instagram/ underc0ver.id)
Dua kakek bermain dam-daman. (Instagram/underc0ver.id)

Baik anak laki-laki maupun perempuan pada masa itu menyukai permainan dam-daman. Permainan ini masuk ke dalam jenis permainan yang mengasah otak.

Dam-daman hampir mirip dengan permainan catur. Nama lain dari dam-daman yakni bas-basan. Sekarang sulit menemukan anak yang masih bermain dam-daman. 

Video yang memperlihatkan momen dua kakek bermain dam-daman tersebut menarik perhatian warganet yang menonton untuk menuliskan berbagai tanggapan di kolom komentar. Bagi warganet yang pernah memainkan dam-daman dibikin bernostalgia. 

"Lupa nama mainannya, cuma dulu sering main gini. Kira-kira anak zaman sekarang tahu enggak ya?" komentar seorang warganet.

"Gua lupa lagi cara mainnya," ujar yang lain.

"Lupa namanya, cara mainnya juga sudah lupa, dulu main beginian pakai kertas," imbuh lainnya. 

"Cerminan kalau laki-laki tumbuh dengan logika dan tidak akan pernah dewasa. Hidup cowok!" ungkap warganet yang lain. 

Baru satu jam diunggah, video tersebut sudah mendapatkan 11,2 ribu tayangan di reels dan 550 suka. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak