facebook

Diba'an dan Tahlilan Sekaligus Ungkapan Terimakasih Mahasiswa KKN 93 UPN Veteran Jawa Timur

KKNT 93 UPNVJATIM 2022
Diba'an dan Tahlilan Sekaligus Ungkapan Terimakasih Mahasiswa KKN 93 UPN Veteran Jawa Timur
Kegiatan diba'an bersama ibu-ibu dan mahasiswa KKN 93 UPNVJT dan perpisahan mahasiswa KKN. (Dok. Pribadi/kkntupnvjatim)

Acara Diba'an dan Tahlilan merupakan kegiatan rutinan tiap mingguan di dalam desa. Kegiatan ini bertujuan untuk selalu mengingat serta mengirimkan doa untuk Allah SWT dan Rosulnya SAW, kegiatan tahlilan juga mengirimkan doa-doa baik yang bertujuan untuk leluhur-leluhur kita yang telah berpulang ke pangkuan sang Illahi.

Diba’an merupakan salah satu amaliyyah yang menjadi kebiasaan putra putri warga Nahdliyin yang dilaksanakan secara rutin setiap malam Jum’at di masjid, mushola atau dirumah rumah penduduk. Diba’an juga sering dilaksanakan dirumah-rumah penduduk yang kebetulan mempunyai hajat.

Kegiatan rutinan ini juga terjadi di Dusun Tegalrejo, Desa Jarak, Wonosalam, Jombang. Bertepatan pada hari Kamis, 23 Juni 2022 acara Diba'an dan Tahlilan diselenggarakan di basecamp KKNT 93 UPN "VETERAN" Jawa Timur yang bertempat di kediaman rumah Ibu Samiati tercinta. 

Kegiatan ini menjadi dua sesi yakni, acara diba'an yang dihadiri oleh para ibu-ibu dengan jumlah 30 orang, kegiatan diba'an dimulai pukul 14.30-16.30 WIB. Diba'an berisikan istighosah, pembacaan asmaul husnah dan membaca Diba' lalu pembacaan doa. 

Lalu perwakilan perempuan mahasiswa KKN Tematik Kelompok 93 UPN "VETERAN" Jatim memberikan ungkapan syukur dan terima kasih kepada ibu-ibu serta permintaan maaf apabila para mahasiswa memiliki kesalahan dalam bertutur kata maupun dalam berperilaku baik disengaja ataupun tidak, lalu para ibu-ibu dipersilahkan untuk menyantap sajian camilan hingga minum yang telah disiapkan. Setelah acara diba'an selesai para mahasiswa memberikan sedikit kenang-kenangan berupa gelas tanggung dan juga bingkisan kue.

Dan, acara kedua yakni tahlilan yang dihadiri oleh para bapak-bapak dengan jumblah 40 orang. Acara tahlilan ini dimulai pukul 18.30 hingga 21.00. Pembacaan Surat Yasin, serangkaian doa tahlil dan penutupan doa tahlil menjadi isi kegiatan tahlilan ini.

Seperti halnya acara diba'an, perwakilan mahasiswa laki-laki KKN UPN Jatim memberikan ungkapan terimakasih hingga permohonan maaf serta kalimat-kalimat pamit karena kegiatan KKN telah terlaksana dan selesai. Setelahnya para bapak-bapak mulai dipersilahkan untuk menyantap sajian dan minum yang telah dipersiapkan. Setelah selesai acara, para bapak-bapak diberikan bingkisan kue sebagai buah tangan dari mahasiswa.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini semakin banyak doa-doa baik yang kita haturkan semoga menjadi bekal kita kelak dalam kehidupan di dunia maupun akhirat. Dan juga sebagai bentuk tali silaturahmi mahasiswa dengan warga Dusun Tegalrejo.

Penulis : Kelompok KKN TEMATIK 93 UPN “Veteran” Jawa Timur

Dosen Pembimbing Lapangan : Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak