facebook

Sosialisasi Kesehatan oleh Mahasiswa KKN 93 UPNVJT kepada Warga Desa Jarak

KKNT 93 UPNVJATIM 2022
Sosialisasi Kesehatan oleh Mahasiswa KKN 93 UPNVJT kepada Warga Desa Jarak
Penyampaian materi oleh Ibu Made selaku Bidan.[Dokumen pribadi/KKNT 93 UPNVJATIM 2022]

Kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup yang produktif, baik secara sosial maupun ekonomis. Pemeliharaan kesehatan merupakan upaya dalam penanggulangan dan pencegahan dari gangguan-gangguan kesehatan. Umumnya, ketika manusia berada di usia yang sudah memasuki angka 50 tahun atau lanjut usia akan rentan terkena oleh penyakit. Salah satunya yaitu Hipertensi atau sering dikenal oleh masyarakat luas dengan sebutan darah tinggi.

Hipertensi adalah pengertian medis dari penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa jika dibiarkan. Bahkan, gangguan ini dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, hingga kematian. Istilah tekanan darah sendiri dapat digambarkan sebagai kekuatan dari sirkulasi darah terhadap dinding arteri tubuh yang merupakan pembuluh darah utama. Besarnya tekanan yang terjadi tergantung pada resistensi dari pembuluh darah dan seberapa intens jantung untuk bekerja. Seseorang dapat mengalami tekanan darah tinggi apabila semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung dan akibat sempitnya pembuluh darah pada arteri.

Maka dari itu, Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 93 UPN “Veteran” Jawa Timur bekerja sama dengan Pemerintah, bidan, serta kader posyandu yang ada di Desa Jarak untuk membuat sosialisasi dengan judul Sosialisasi dan Edukasi Kesehatan Penyakit Hipertensi di Desa Jarak. Mahasiswa KKN Kelompok 93 memilih judul yang berhubungan dengan hipertensi dikarenakan sebagian besar masyarakat di desa ini memiliki riwayat penyakit hipertensi. Sosialisasi tersebut juga termasuk dalam salah satu program kerja dari mahasiswa KKN yang terkait dengan bidang kesehatan. Dari sosialisasi tersebut mahasiswa dapat menghasilkan luaran berupa modul kesehatan. Target dari sosialisasi yang dilakukan ini yaitu kepada warga yang telah memasuki usia lanjut. Mulai dari pengertian hipertensi itu sendiri, penyebab dari penyakit hipertensi, faktor resiko terkena hipertensi, gejala penyakit hipertensi, diagnosis penyakit hipertensi, pencegahan dan pengobatan penyakit hipertensi telah dipaparkan oleh pemateri yang berkompeten dalam bidang tersebut yaitu Ibu Ni Made Dewi Chintyasari, Amd.Keb. selaku bidan di desa setempat. Besar harapan dari sosialisasi ini yaitu agar para warga tersebut dapat memahami dan menerapkan gaya hidup sehat demi pencegahan dan penanggulangan penyakit hipertensi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak