Ospek Untirta Trending Twitter, Diduga Jemur Maba 10 Jam hingga Sita Barang

Haqia Ramadhani
Ospek Untirta Trending Twitter, Diduga Jemur Maba 10 Jam hingga Sita Barang
Peserta ospek Untirta sedang menerima arahan dari mentor di Untirta Serang, Banten, Rabu (10/8/2022). [Anwar/Suara.com]

Baru-baru ini Untirta menjadi perbincangan hangat di Twitter. Cuitan yang menyinggung Universitas Sultan Ageng Tirtayasa disingkat Untirta bahkan menjadi trending di Twitter hingga hari ini, Rabu (10/8/2022). 

Trendingnya Untirta terkait dengan keluhan mahasiswa baru tentang ospek yang diselenggarakan. Beberapa mahasiswa baru Untirta mengungkapkan perilaku buruk panitia ospek kepada mahasiswa baru atau maba

Berdasarkan keterangan mahasiswa baru Untirta menyebutkan bahwa panita menjemur maba selama 10 jam dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. 

Maba mengungkapkan jika selama 10 jam dijemur mereka tidak diberi camilan apa pun untuk mengganjal perut. Alhasil, banyak maba yang pingsan, kejang serta mimisan. 

Namun, panitia ospek malah memarahi para maba yang sakit. Barang milik maba seperti sunsreen yang berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari disita oleh panitia ospek. 

Maba Untirta dijemur selama 10 jam ini karena panitia hendak membuat mozaik. Cerita maba Untirta yang dijemur selama 10 jam hingga sunscreen di sita memunculkan polemik beruntut. 

Beredar foto tangkapan layar berisi chat grup Telegram 'CAMABA UNTIRTA 2022' mengenai seorang diduga panitia ospek marah. Terduga panitia ospek ini memarahi para maba yang sudah mengadu perihal peristiwa dijemurnya mereka selama 10 jam di media sosial. 

"Maba sekarang kayak anj*** cuma digituin saja lemah ngadu, gitu saja sakit. Kakak dulu lebih parah dek, kalian tuh enggak ada apa-apanya, gitu saja ngadu ke sosmed," isi chat Telegram seperti dikutip oleh Yoursay.id, Rabu (10/8/2022). 

Kesaksian Maba Untirta Tentang Ospek

Cuitan yang beredar di Twitter mengenai kesaksian maba Untirta tentang ospek. (Twitter/ sbmptnfess)
Cuitan yang beredar di Twitter mengenai kesaksian maba Untirta tentang ospek. (Twitter/sbmptnfess)

Ada pula cuitan dari maba Untirta yang sempat sakit dan meminta obat lambung kepada panitia ospek baru diberi 2 jam kemudian. Warganet yang membaca cuitan mengenai keluhan maba Untirta memberikan komentar mereka. 

"Wkwk the power of medsos. Untirta cancelled," komentar warganet.

"Nah loh panitia universitas Untirta, semoga semua baca replyan ini deh. Jangan sesekali playing victim karenavkejadian ramai begini bukan salah adiknya," ujar yang lain. 

"Buat semua maba Untirta hafalin muka sama nama semua panitia yang ada di situ, kalau nanti lo sukses terus mereka mau ngelamar ke tempat lo, jemur dulu 10 jam baru tolak," kata lainnya. 

"Ospek apa pembunuhan berencana nih Untirta? Ditunggu klarifikasinya," tanggapan warganet yang lain.

Mengutip dari Suarabanten.id, Koordinator Humas dan Kerja sama Untirta, Veronika Dian Faradisa mengatakan bahwa  pihak kampus hingga saat ini belum mendapat laporan ada peserta mahasiswa baru yang hingga dibawa ke rumah sakit akibat perlakuan panitia ospek tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak