Nyesek Santri Ini 1 Tahun Tak Dijenguk, Orangtua Penuhi Kebutuhannya Begini

Haqia Ramadhani
Nyesek Santri Ini 1 Tahun Tak Dijenguk, Orangtua Penuhi Kebutuhannya Begini
Santri ini 1 tahun lebih belum dijenguk orangtuanya. (Instagram/ underc0ver.id)

Menjalani hidup di perantauan memang bukan hal yang mudah apalagi bertahun-tahun tidak bertemu dengan orangtua. Perasaan kangen dan sedih tentu campur aduk dalam hati. 

Baru-baru ini viral di media sosial video seorang santri yang satu tahun lebih tidak dijenguk orangtua. Video yang menceritakan kisah pilu santri tersebut diunggah ulang oleh akun media sosial Instagram underc0ver.id, Rabu (10/08/2022). 

Awalnya keluarga dari perekam video ini mengunjungi adik mereka yang mondok di Pondok Pesantren Abnaul Chairaaat, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Mereka mengunjungi sang adik pada 10 Muharam lalu. 

Mereka melihat ada seorang santri yang juga teman dari sang adik tampak murung. Keluarga itu kemudian mengajak ngobrol si santri. 

"Setelah ditanya-tanya ternyata tidak pernah dijenguk orangtua selama dititipkan di pondok lebih dari 1 tahun," keterangan video seperti dikutip oleh Yoursay.id, Rabu (10/08/2022). 

Perekam video bertanya mengenai bagaimana santri ini memenuhi kebutuhan pribadinya selama di pondok. Mengingat sudah setahun lebih dia tidak dijenguk oleh orangtuanya. 

Santri tersebut menuturkan apabila perlengkapan mandinya dikasih orang yang dipanggil dia Aba. Santri ini mengatakan sewaktu sabun habis terkadang pinjam milik temannya. 

Jika segan meminjam kepada temannya, dia terpaksa mandi tidak pakai sabun. Sarung yang dimilikinya sekarang sudah hilang. 

Kangen Orangtua

Menangis kangen orangtuanya. (Instagram/ underc0ver.id)
Menangis kangen orangtuanya. (Instagram/ underc0ver.id)

Usai diajak ngobrol dengan keluarga perekam video, santri tersebut pergi ke tempat gelap. Dia mengatakan jika rindu orangtuanya dan selalu berdoa setiap malam supaya dijenguk. 

Namun, santri itu berbesar hati mengira mungkin orangtuanya belum punya uang untuk mengejuk dia. Usai ditanya-tanya, santri ini pergi ke tempat gelap. 

Dia di sana menangis tersedu-sedu. Ayah dari temannya ini menghampiri santri tersebut untuk ditenangkan. 

"Kata bapak besok kalau kirim perlengkapan mandi dan sarung buat Farhan (adik aku) sekalian dikirimi buat kamu juga. Sabar ya sayang anggap saja kami ini keluargamu," ungkap perekam video. 

Wargnet yang menonton video kisah santri ini memberikan dukungan kepada dia. 

"Duh jadi ikutan nangis semoga besar nanti kamu jadi orang sukses ya nak," kata warganet.

"Masyaallah anak sholeh  tetap semangat belajar dan mengaji. Insyaallah sukses dunia dan akhirat. Semoga Allah selalu memudahkan urusan kamu yaa nak," imbuh yang lain. 

"Semoga selalu sehat ya nak. Jadi ingat anak di pesantren 1 bulan sekali ketemuannya rasanya rindu sekali," ucap lainnya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak