Yoursay Gelar Kelas Public Speaking Bareng Mentor Speak Project: Brave Yourself to Speak in Public!

Hafsah Azzahra
Yoursay Gelar Kelas Public Speaking Bareng Mentor Speak Project: Brave Yourself to Speak in Public!
Kelas Public Speaking Yoursay (Doc/Yoursay/Hafsah)

Platform kreator konten Suara.com, Yoursay.id sukses menggelar pelatihan atau kelas public speaking hari pertama, Rabu (21/8/2022) pukul 15.00 WIB. Acara ini selaras dengan tujuan Yoursay, yakni menjadi platform menulis sekaligus wadah pengembangan diri.

Pada hari pertama ini, 86 peserta dari berbagai daerah bergabung dalam kelas daring via zoom meeting bersama Irmalia Septiana selaku mentor public speaking dari Speak Project. Terpantau peserta mengaku dari berbagai daerah seperti Jakarta, Aceh, Yogyakarta, Palembang, dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini, Irma menyampaikan materi terkait public speaking, MC, dan moderator. Menurutnya, public speaking adalah bagian dari seni berbicara. Sehingga dalam praktiknya tidak ada salah dan benar. Sebab selayaknya seni, dalam public speaking, setiap individu pasti memiliki ciri khas dan gayanya masing-masing.

Selain itu, ia pun mengurai beragam manfaat yang diperoleh seseorang jika memiliki kemampuan berbicara di depan umum. Di antaranya adalah meningkatkan percaya diri, memperluas networking, meningkatkan value personal, menambah citra diri, memberikan pengaruh massa, dan masih banyak yang lainnya.

"Public speaking bisa menggerakan seseorang melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya, maupun orang lain," kata Irma.

Setelah mengupas seluk beluk public speaking, materi pun berlanjut mengenai MC dan moderator. Tak lupa ia mengawali dengan mengungkap perbedaan antara keduanya.

“MC ini beda sama moderator, ya. Kalau MC bertanggung jawab atas keseluruhan acara, sedangkan moderator hanya bertanggung jawab dalam sesi tertentu. MC biasanya memandu acaranya yang sifatnya umum, jadi bisa formal, semi formal, dan informal. Sementara kalau moderator hanya untuk acara formal seperti diskusi,” ulas Irma.

Para peserta pun menyampaikan pengalamannya secara singkat saat pernah berperan sebagai MC di suatu acara. Melihat bahwa peserta daring sesi seminar ini ternyata banyak yang sudah melatih public speaking-nya, Irma pun sedikit terkejut sekaligus antusias. Karena umumnya, banyak orang yang kesulitan dan tidak percaya diri untuk berbicara di hadapan banyak orang.

Selain mendapat materi berupa teori, beberapa peserta juga mendapat kesempatan untuk berlatih artikulasi dan menjadi MC. Di mana artikulasi ini adalah dasar public speaking yang harus dikuasai agar audience mudah memahami kata dan kalimat yang disampaikan karena terdengar jelas.

Di luar dugaan, Irma kembali terkejut sekaligus terkesan karena antusias peserta dan kemampuan mereka ketika melafalkan artikulasi yang tergolong rumit. Acara ini pun ditutup dengan sesi tanya jawab, karena beberapa peserta masih merasa haus akan ilmu yang sangat dibutuhkan di segala bidang ini.

Kelas public speaking Yoursay masih akan berlanjut pada Kamis (22/9/2022) sore. Akan ada topik lain yang dibagikan oleh Irma. Jika ketinggalan acaranya, bisa menyaksikan rekaman lewat akun YouTube Suaradotcom.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak