alexametrics

Indobot Raih Penghargaan Internasional melalui Riset Terbarunya

Atika
Indobot Raih Penghargaan Internasional melalui Riset Terbarunya
Foto-Oby Zamisyak (Founder & CEO Indobot) bersama hasil karyanya

Jakarta adalah pusat ekonomi, budaya dan politik negara dan kota terpadat tidak hanya di Indonesia tetapi di Asia Tenggara. Berdasarkan data jumlah kasus kebakaran di Jakarta mencapai 2.183 kasus pada tahun 2020 atau rata-rata 4 kebakaran sehari. Salah satu penyebab kebakaran tersebut adalah gas elpiji yang bocor.

Hal inilah yang menggugah niat Indobot sebagai perusahaan lokal Indonesia bimbingan dari Inkubator Bisnis LPPM UNY untuk memberikan sumbangsih solusi mengenai permasalahan tersebut.

Adapun cara yang dipilih oleh Indobot adalah menciptakan sebuah Sistem Deteksi Kebocoran LPG untuk meminimalisir dampak kebakaran yang lebih besar.

"Tujuan utama dari sistem deteksi kebocoran (LDS) ini adalah untuk membantu pengontrol pipa dalam mendeteksi dan melokalisir kebocoran. LDS menyediakan alarm dan tampilan data terkait lainnya untuk pengontrol pipa untuk membantu dalam pengambilan keputusan." tutur pendiri Indobot Oby Zamisyak dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (1/6/2021).

Dengan alat ini, Indobot berharap bisa menjadi solusi untuk tindakan preventif kebakaran akibat kebocoran tabung gas LPG, dan sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat akan teknologi, sehingga harapannya di masa depan dapat mengembangkan teknologi yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa.

Dalam menciptakannya, tim Indobot melakukan berbagai macam riset dan mengikutkan hasil risetnya dalam berbagai kompetisi. Salah satunya adalah kompetisi internasional Nisshinbo Audio Innovation Challenge yang diadakan pada bulan lalu dan diumumkan pada tanggal 31 Mei 2021.

Kompetisi ini mendapat dukungan dari berbagai macam pelaku teknologi dunia, seperti Nisshinbo Group Japan, New Japan Radio, The National Voice for Singapore Startup Ecosystem, serta Action Community for Entrepreneurship (ACE).

Dalam kompetisi ini, Indobot berhasil menyingkirkan ratusan finalis dari berbagai macam teknologi dan mendapatkan juara 3 Prize Winners sebagai perwakilan Indonesia.

Adapun produk riset andalan Indobot dalam kompetisi tersebut adalah Sistem Deteksi Kebocoran LPG. Kebermanfaatan produk tersebut berhasil menarik perhatian para juri dan delegasi dari banyak perusahaan Jepang.

Menyusul kesuksesan tersebut, Indobot juga mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan produk bersama Nisshinbo dimana mereka juga akan menyediakan teknologi, informasi, dan peralatan yang diperlukan untuk pengembangan produk tersebut.

Selain itu Indobot pun berkesempatan untuk melakukan diskusi dengan teknisi Nisshinbo/New Japan Radio. "Impian kami membumikan dan mengimplementasikan teknologi yang diciptakan para pemuda maupun perusahaan lokal Indonesia, dan melalui kompetisi ini kami telah membuktikan bahwa kita bisa," tutur Oby.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak