alexametrics

Mahasiswa KKN UM Dampingi UMKM Sengguruh dalam Pemasaran Digital Produk

Kharisma
Mahasiswa KKN UM Dampingi UMKM Sengguruh dalam Pemasaran Digital Produk
Mahasiswa KKN UM menyerahkan akun pemasaran online kepada UMKM Sengguruh.

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah adalah bisnis dalam ukuran kecil yang jumlahnya paling besar di Indonesia daripada unit usaha lain. Usaha ini biasanya dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha kecil.

Di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, banyak dijumpai pebisnis UMKM yang tersebar di desa tersebut. Produk–produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik yang tak kalah dengan produk pabrikan.

Hanya saja, pemasaran produknya terutama melalui platform digital masih belum maksimal. Padahal, di era pandemi sekarang ini, dimana terdapat batasan untuk keluar rumah dan mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah saja, menjadi sesuatu yang penting bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produknya lewat platform online.

Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) yang bertugas di Desa Sengguruh, berinisiatif untuk melakukan pendampingan terhadap UMKM dalam pemasaran produk UMKM pada e-commerce dan media sosial. Para Mahasiswa KKN melakukan pendampingan kepada UMKM melalui admin galeri UMKM yang ada di Desa Sengguruh.

Tahap awal yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Desa Sengguruh yaitu melakukan kunjungan ke UMKM untuk mensosialisasikan digital marketing. Kunjungan ini dimulai pada hari Sabtu, 26 Juni 2021.

Setelah sosialisasi dilakukan, produk–produk dari berbagai UMKM di Desa Sengguruh dikumpulkan di galeri UMKM Desa Sengguruh. Produk–produk tersebut untuk selanjutnya dilakukan pengambilan gambar produk. Foto – foto produk ini nanti akan dipajang di e-commerce dan media sosial.  

Digital marketing dilakukan di aplikasi Shopee serta media sosial Instagram. Pembuatan akun–akun ini dilakukan bersama dengan karyawan galeri UMKM Desa Sengguruh. Foto–foto produk yang sebelumnya telah diedit, selanjutnya di-upload di masing–masing akun tersebut.

Akun Shopee UMKM Desa Sengguruh
Akun Shopee UMKM Desa Sengguruh
Akun Instagram UMKM Desa Sengguruh
Akun Instagram UMKM Desa Sengguruh

Langkah terakhir yaitu menyerahkan akun–akun tersebut kepada galeri UMKM Desa Sengguruh, sekaligus mengedukasi cara penggunaannya. Penyerahan dilakukan pada hari Senin, 19 Juli.

Pengedukasian Digital Marketing kepada UMKM Desa Sengguruh
Pengedukasian Digital Marketing

Selain itu juga mempromosikan akun–akun tersebut agar semakin banyak orang yang tahu platform digital marketing Desa Sengguruh. Di aplikasi Shopee, akun ini bisa dicari dengan nama UMKM Desa Sengguruh, sedangkan di Instagram bisa dicari dengan username @umkmdesasengguruh.

Mahasiswa KKN UM Desa Sengguruh berharap, dengan adanya dua platform digital marketing ini, produk-produk UMKM Desa Sengguruh bisa dikenal lebih luas serta dapat memaksimalkan penjualan produk di era pandemi ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak