alexametrics

Mahasiswa KKN 15 BTV 3 UNEJ Tingkatkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi

GALANG KHARISMA
Mahasiswa KKN 15 BTV 3 UNEJ Tingkatkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi
Dokumentasi kegiatan Galang Kharisma (kanan) bersama Kepala Sekolah SDN Kalianyar 2.

Dalam masa pandemi yang belum juga usai ini, Universitas Jember tak sedikitpun mengurangi kewajiban nya untuk melakukan pengabdian pada masyarakat melalui program “Kuliah Kerja Nyata Back To Village III” atau biasa disingkat KKN BTV III.

Kegiatan yang dilaksanakan diantara 11 Agustus–10 September 2021 ini dilakukan di daerah masing-masing mahasiswa, sehingga juga membatasi mobisilasi guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Galang Kharisma adalah salah satu mahasiswa KKN BTV III Universitas Jember asal Bondowoso yang melakukan pengabdian di SDN Kalianyar 2 dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir. Sundahri, PGDip.Agr.Sc., M.P.

Mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Jurusan Teknik Sipil ini fokus untuk mengatasi permasalahan terkait literasi di masa pandemi yang dialami oleh SDN Kalianyar 2.

“Sebenarnya, dalam masa pandemi ini kami juga dirundung rasa bersalah, Mas. Sekolah sementara dilarang untuk dilakukan tatap muka. Tapi para guru nggak kehabisan akal Mas. Kami mencoba menerapkan system belajar per kelompok kecil, belajar dari rumah ke rumah, hingga bergantian datang ke sekolah untuk mengumpulkan tugas, semua cara akan kami coba karena  ini tanggung jawab kami sebagai guru agar siswa tetap mendapatkan pendidikan” ungkap Bapak Slamet selaku Kepala Sekolah SDN Kalianyar 2.

Beliau juga menuturkan, bahwa dengan kondisi masyarakat sekitar, masih sulit untuk melakukan proses belajar mengajar secara daring, sehingga penggunaan buku sebagai media belajar masih diutamakan di SD ini.

Hal ini terbukti saat peninjauan di lapangan, ketika ruang baca yang dimiliki SDN Kalianyar 2 sudah memiliki buku maupun alat peraga pendidikan yang bisa dibilang diniliai cukup lengkap.

Akan tetapi, dikarenakan terbatasnya waktu dan tenaga yang dimiliki oleh staf pengajar SDN Kalianyar 2, semua buku dan alat peraga tersebut hanya diletakkan berserakan di ruang baca. Hal ini cukup disayangkan mengingat betapa pentingnya buku untuk penunjang kegiatan belajar mengajar. Dikarenakan hal itu jugalah minat siswa dan siswi untuk datang meminjam buku semakin menurun.

Berangkat dari masalah tersebut, perwakilan mahasiswa UNEJ melalui program KKN UNEJ BTV 3 berupaya untuk meningkatkan minat baca siswa dan siswi SDN Kalianyar 2 melalui penataan ulang ruang baca dengan konsep yang menarik.

“Berbekal pengalaman saya berkuliah di Jurusan Teknik Sipil, saya rasa perlu dilakukan penataan ulang untuk ruang baca ini agar menarik minat baca siswa SDN 2 Kalianyar ini. Pertama saya simulasikan penataan ruangan melalui program desain 3D, kemudian diterapkan di lokasi” ujar Galang di Bondowoso, Jumat (27 Agustus 2021) lalu.

“Perbaikan sistem administrasi dan pendataan juga tak kalah penting guna mempermudah proses pencarian buku dan alat peraga” lanjut Galang.

Harapannya  melalui program ini, dapat memberikan dampak positif baik bagi siswa-siswi, maupun guru dan staf pengajar terlebih di masa pandemi Covid-19 ketika semua kegiatan serba terbatas. Mungkin pergerakan dan mobilisasi di masyarakat boleh terhenti, namun pendidikan tidak boleh mati.

(Galang Kharisma M.N./KKN156/Kalianyar/DPL : Ir. Sundahri, PGDip.Agr.Sc., M.P.)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak