alexametrics

Mahasiswa KKN UNEJ Terapkan Konsultasi Kesehatan Online di Desa Pakuwesi

Abiyu
Mahasiswa KKN UNEJ Terapkan Konsultasi Kesehatan Online di Desa Pakuwesi
Dokumentasi Kegiatan bersama PPL Desa Pakuwesi.

Desa Pakuwesi, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso sudah mengenal perkembangan teknologi informasi.  Namun terkait informasi perkembangan ataupun bentuk pencegahan Covid19 masih kurang.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa warga desa yang kurang paham tentang cara penanganan ketika terinfeksi virus Covid-19 bahkan ada beberapa warga yang ragu untuk menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami.

“Kalau terinveksi virus Covid-19 mungkin warga sini sudah banyak yang terpapar, namun mereka masih menyembunyikan apa yang mereka alami karena takut dijauhi warga lain”, ujar Pak Syahrul.

Dari ungkapakan tersebut membuktikan bahwa warga Desa Pakuwesi masih belum teredukasi lebih jauh tentang Covid-19. Selain itu, tenaga kesehatan seperti bidan di desa ini sementara tidak menerima pasien karena tingginya angka penularan Covid-19.

Kepala Desa Pakuwesi mempunyai gagasan untuk membangun sebuah sistem konsultasi kesehatan secara online dengan pihak tenaga kesehatan yang ada di desa Pakuwesi. Bersama Abiyu Candra Adiansyah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer program studi Sistem Informasi yang sedang menempuh KKN Back To Village 3 Universitas Jember yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir. Sundahri PGDip.Agr.Sc., M.P membantu membangun sebuah sistem konsultasi kesehatan untuk memudahkan warga Desa Pakuwesi dalam melakukan konsultasi tentang masalah kesehatan yang mereka alami. Selain fitur untuk konsultasi, juga terdapat fitur berita-berita terbaru seputar Covid-19 dan berita-berita desa.

Untuk merealisasikan program tersebut, pemuda karang taruna dapat menjadi sasaran sosialisasi agar dapat mengenalkan kepada keluarga dan tetangga sekitar yang memiliki kesulitan dalam mengoperasikan gadget.

Peran pemuda desa juga sangat penting untuk mensukseskan program tersebut karena pada saat ini pemuda mayoritas aktif dalam penggunaan media sosial dan selalu update tentang perbaruan teknologi yang terus berkembang.

Adanya sistem konsultasi kesehatan ini diharapkan mampu memperluas penyebaran informasi dan juga meningkatkan kualitas kesehatan warga Desa Pakuwesi. Sehingga bidan desa dan perawat desa dapat dengan mudah memberi literasi melalui berita berita yang tersedia dan dapat menjangkau masyarakat yang sedang mengalami masalah kesehatan, baik seputar Covid-19 hingga pelayanan ibu hamil dan balita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak