alexametrics

Tingkakan Literasi Masyarakat, KKN UNIRA Dirikan Pondok Belajar

Azizah Haddad
Tingkakan Literasi Masyarakat, KKN UNIRA Dirikan Pondok Belajar
Dokumentasi Pondok Belajar KKN-T UNIRA Kelompok 07

Desa Bantur adalah desa pinggiran setelah Desa Srigonco dari arah pantai selatan yaitu Pantai Balekambang. Desa yang jumlah penduduk 13.900 jiwa terdiri dari 5 dusun, salah satunya adalah Dusun Durmo yaitu dusun yang bagian utaranya berbatasan dengan Desa Pringgodani tepatnya pada RT 60, RW 12. Wilayah RT 60 ini adalah wilayah pinggiran desa yang jarang dijamah oleh kegiatan sosial atau kemasyarakatan, apalagi dalam ranah pendidikan.

Melihat keadaan tersebut, maka KKN-T Genap UNIRA Malang Tahun 2021 mendirikan Pondok Belajar tepatnya di Mushola Syariatul Barokah, Dusun Durmo, RT 60, RW 12, Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Tujuan didirikannya Pondok Belajar ini adalah sebagai wadah literasi masyarakat khususnya anak-anak yang masih dalam usia sekolah.

Selain itu, banyak kegiatan dalam Pondok Belajar yang tujuannya adalah untuk meningkatkan literasi masyarakat khususnya anak melalui edukasi. Kegiatan yang dilakukan dalam Pondok Belajar ini diantaranya adalah bimbingan belajar pendidikan sekolah mulai dari tingkat Pra Sekolah sampai tingkat SMA/Sederjajat, pendidikan diniyah/keagamaan, pelatihan teknologi seperti desain, media belajar online dan sebagainya, serta edukasi mengenai keuangan seperti menabung.

"Pondok Belajar ini sebagai wadah masyarakat khususnya anak usia sekolah dalam memupuk semangat belajar. Karena keterbatasan PPKM ini ruang gerak belajar anak jadi kurang maksimal. Sehingga perlu adanya wadah dan ruang bagi mereka untuk memperluas pengetahuannya sesuai dengan lingkup wilayah masing-masing", ujar Azizah selaku peserta KKN-T yang menggugus adanya Pondok Belajar. 

Selain sebagai wadah untuk belajar, dalam Pondok Belajar ini dilengkapi oleh beberapa sarana belajar salah satunya adalah perpustakaan mini sebagai usaha meningkatkan minat baca dan literasi anak. Selain itu, sebagai sarana praktik dalam literasi keuangan (mengelola keuangan dengan baik dan bijak) ada program Tabungan Sederhana yang diterapkan dengan anak-anak sebagai pengelolanya.

"Kami sangat bersyukur, dengan adanya Pondok Belajar ini anak saya jadi lebih mudah untuk belajar dan memahami apa yang di dapat di sekolah. Selain itu, kegiatannya juga banyak. Jadi tidak hanya belajar dan belajar saja", menurut pendapat salah satu Orang Tua anak Pondok Belajar. 

Sejauh ini, ada 15 anak usia Pra Sekolah sampai tingkat SMA yang menjadi anggota binaan dari Pondok Belajar KKN-T Kelompok 07 UNIRA Malang. Dengan adanya Pondok Belajar ini semoga kualitas pendidikan anak khususnya di Dusun Durmo, Desa Bantur bisa menjadi lebih baik lagi. Aamiin 

Dokumentasi Pondok Belajar

Kegiatan belajar di Pondok Belajar dilakukan setiap hari Senin, Rabu, Jum'at dan Sabtu dengan pembagian waktu pukul 13.00 kegiatan bimbingan belajar sedangkan pukul 14.00 - 16.00 adalah pendidikan diniyah. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak