alexametrics

Mengenal Kota Bontang, Kota Kecil di Ujung Timur Borneo

Rico Andreano
Mengenal Kota Bontang, Kota Kecil di Ujung Timur Borneo
Antrean panjang kendaraan di Jalan Poros Samarinda-Bontang, Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kukar, Minggu (11/4/2021). [Sapri Maulana/SuaraKaltim.id]

Guys, mungkin ada yang belum familiar tentang Kota Bontang. Yups, Kota Bontang namanya yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tepatnya nih di ujung Timur Borneo.

Denger-denger, meskipun Kota Bontang kotanya kecil guys, tapi di kota tersebut ada lho industri terbesar di Indonesia. Contohnya, seperti PT Badak Natural Gas Liquefaction (Badak LNG) penghasil LNG terbesar di dunia dan PT Pupuk Kalimantan Timur (PT Pupuk Kaltim) penghasil pupuk terbesar di Indonesia. Selain itu juga ada pertambangan batu bara juga lho guys, seperti PT Pama Persada Nusantara, PT Indominco Mandiri, dan lain sebagainya.

Kota Bontang memiliki luas wilayah kurang lebih 161,87 kilometer persegi. Dengan Penduduk Bontang 181.618. Pada awalnya, Kota Bontang berada dalam wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara. Hingga akhirnya pada tahun 1999 berdiri menjadi daerah otonomi kota atau disebut Kotamadya.

Kota Bontang terdiri dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Bontang Utara, Kecamatan Bontang Barat, dan Kecamatan Bontang Selatan.

Kecamatan Bontang Utara terdiri atas Kelurahan Loktuan, Bontang Baru, Api-api, Gunung Elai, Guntung, dan Bontang Kuala. Kecamatan Bontang Barat terdiri atas Kelurahan Kanaan Belimbing, dan Gunung Telihan. Kecamatan Bontang Selatan terdiri atas Kelurahan Bontang Lestari, Satimpo, Berbas Pantai, Berbas Tengah, Tanjung Laut, dan Tanjung Laut Indah.

Kota Bontang memiliki tempat wisata kebanggaan Warga Bontang adalah Tempat Wisata Bontang Kuala yang terletak di Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang. Orang Bontang biasa menyebut dengan BK. Kalo boleh dibilang Tempat Wisata Bontang Kuala seperti wisata bahari dengan konsep rumah di atas laut. Tempat Wisata Bontang Kuala menyediakan berbagai macam produk olahan laut, seperti dodol rumput laut, terasi, ikan asin kering.

Kota Bontang memiliki keragaman suku nih guys. Ada Suku Jawa, Suku Bugis, Suku Toraja, Suku Minang, dan Suku Batak dengan agama yang beragam juga, seperti Islam, Hindu, Kristen Protestan, dan Katolik. Namun walau suku dan agama beragam, Penduduk Kota Bontang saling toleransi menghormati satu sama lain tanpa ada gesekan sedikitpun.

Bontang memiliki bahasa sendirii dengan logatnya yang ngegas, seperti kata iyakah, iya palik, iya sudah, angsul, dostip, riting, itunah, dan lain sebagainya.

Dijamin nggak nyesel loh guys kalo belum pernah ke Kota Bontang, kota kecil dengan nuansa bahari yang sangat indah. Traveling belum lengkap rasanya kalo belum ke Kota Bontang

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak