alexametrics

Guru Aini, Sosok Idealis yang Ikut Berjuang Mencerdaskan Bangsa

Nurita
Guru Aini, Sosok Idealis yang Ikut Berjuang Mencerdaskan Bangsa
Cover of Guru A'ini Novels (by Goodreads)

Guru Aini merupakan novel karya Andrea Hirata yang banyak diminati orang. Karyanya ini termasuk dalam Prekuel Novel Orang-Orang Biasa. Berikut ini sinopsis novel Guru Aini.

Identitas Buku

Judul buku : Guru Aini
Genre : Roman
Penerbit : Yogyakarta, Bentang Pustaka
Penulis : Andrea Hirata
Tahun terbit : 2020
Jumlah halaman : 336 hlm
Nomor edisi terbit : ISBN 978 602 291 686 4

Novel Guru Aini merupakan prekuel dari novel Orang-Orang Biasa

Desi, adalah seorang yang memiliki minat tinggi untuk menjadi guru Matematika. Meskipun ia mendapat banyak rintangan dalam mewujudkan cita-citanya, hal tersebut sama sekali tidak menyurutkan semangatnya. Memiliki jiwa idealis yang tinggi menjadikan Desi memiliki tekad yang sangat kuat untuk mengabdi pada negara dan turut mencerdaskan anak bangsa.

Dalam novel ini mengisahkan perjuangan serta perjalanan yang dilalui Bu Desi dalam mewujudkan cita-citanya menjadi guru Matematika dan mencari murid yang memiliki otak cerdas. Selain dikenal dengan guru yang idealis, Guru Desi juga merupakan sosok yang tangguh, rela mengabdi pada negara meskipun ditempatkan di daerah yang terpencil.

Desi menjadi Guru yang disegani karena kecerdasan dan ketegasannya. Hingga pada suatu hari, ketika Guru Desi sempat menemukan murid yang ia cari selama ini, ia merasa begitu senang. Namun, ternyata murid tersebut bukanlah yang ia cari sebenarnya.

Alkisah, ketika Guru Desi sempat putus asa, saat itu juga dia mendapat murid yang awalnya berbanding terbalik dengan apa yang dia harapkan. Hanya saja, Guru Desi mau menerima murid ini karena memiliki tekad yang kuat untuk belajar, serta motivasi dia untuk menjadi seseorang yang pintar, mampu melawan kebodohannya. Dialah Aini, sosok yang awalnya begitu bodoh akan pelajaran matematika.

Setelah perjuangan berat yang dilakukan Aini dan kesabaran Guru Desi mengajarnya, Aini tumbuh menjadi seorang siswa yang begitu cerdas. Hingga Aini mampu memiliki bekal untuk dia melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, seperti awal yang ia cita-cita kan yaitu menjadi seorang dokter.

Perjuangan yang begitu berat telah Aini lakukan. Berbagai tes masuk fakultas telah Aini taklukan. Namun, meskipun memiliki otak yang cerdas Aini gagal untuk kuliah di Fakultas Kedokteran dikarenakan ia tak memiliki biaya. Dan sangat disayangkan, perjuangan Aini pun harus terhenti sampai disini. Meskipun demikian, Aini masih tetap memiliki semangat untuk menggapai cita-citanya.

Pendapat Saya Mengenai Novel Ini

Pada novel ini, saya mengagumi sosok Guru Desi ini, seseorang yang memiliki kecerdasan, rasa idealisme yang tinggi, serta ketangguhannya fisik yang ia miliki. Guru Desi mengabdi pada negara, meskipun ditempatkan di pulau terpencil. Dan tak lupa dengan gigihnya perjuangan Aini dalam melawan kebodohannya.

Lagi, kita disuguhkan dengan kejadian moralitas yang tinggi. Bahasa yang digunakan penulis sangatlah menyentuh, seakan kitalah yang merasakan hal itu. Kita dibawa pada imajinasi-imajinasi yang begitu krusial dan mengagumkan.

Hanya saja, saya fikir akan ada cerita manis yang didapat Aini setelah perjuangan yang ia lakukan, jika Guru Desi mampu menemukan murid yang ia cari selama ini, berbeda dengan Aini yang harus merelakan cita-cita nya menjadi seorang dokter. Padahal saya berharap Aini mampu menjadi seorang dokter dengan cara lain, namun inilah faktanya, bahwa Aini tidak bisa melanjutkan cita-citanya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak