alexametrics

6 Perbedaan Paskibra dan Paskibraka, Kamu Harus Tahu!

Muhammad Haryo
6 Perbedaan Paskibra dan Paskibraka, Kamu Harus Tahu!
Ilustrasi paskibra. (pixabay)

Tidak terasa sebentar lagi hari kemerdekaan akan tiba, kita pasti sudah menunggu momen yang hanya dilaksanakan satu tahun sekali ini. Pada saat hari pelaksanaan kemerdekaan Republik Indonesia, yang menjadi salah satu pusat perhatian adalah para pasukan pengibar benderanya.

Tetapi sebelum itu, apakah kamu sudah mengetahui perbedaan antara Paskibra dan Paskibraka? Jika belum, yuk kita lihat bersama perbedaan Paskibra dengan Paskibraka:

1. Singkatan nama

Paskibra merupakan singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera, sedangkan Paskibraka adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

2.  Seleksi

Seleksi pada Paskibra dalam lingkungan sekolah dan lebih masuk ke ekstrakurikuler, sedangkan Paskibraka menggunakan seleksi yang lebih kompleks, seperti tes kesehatan, fisik, wawancara, dan lain-lain.

3. Tempat bertugas

Paskibra bertugas dalam lingkungan sekolah, sedangkan Paskibraka terdapat 3 lingkungan tugas, yaitu tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

4. Seragam

Seragam pada Paskibra menggunakan pakaian putih dan kopiah Paskibra serta tidak ada atribut khusus, sedangkan pada seragam Paskibraka terdapat lambang daun dan bunga teratai dibagian lengan kanan atas serta tanda hijau di bahu.

5. Ketentuan bertugas

Paskibra dapat dilakukan oleh semua kelas, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. Berbeda halnya dengan Paskibraka yang harus kelas 10 SMA.

6. Formasi bertugas

Formasi bertugas paskibra bebas menyesuaikan keadaan lingkungan sekolah. Sedangkan Paskibraka terdapat formasi 17, 8, dan 45. Tim 17 bertugas sebagai penggiring bendera dan berada di posisi paling depan, anggota tim 17 terdiri dari Paskibraka.

Tim 8 sebagai pasukan inti berada di tengah, anggotanya terdiri dari satu Paskibraka yang membawa bendera pusaka, tiga putra yang bertugas mengibarkan bendera, dan tiga putri di belakang menjadi pelengkap.

Selain itu juga ada 4 anggota dari TNI/POLRI. Terakhir adalah tim 45, anggota tim ini penuh terdiri dari TNI/Polri, jika di tingkat nasional tim 45 diisi oleh Paspampres. Tugas dari tim 45 adalah mengawal pasukan Paskibraka.

Setelah melaksanakan tugas pengibaran bendera, para paskibraka disebut sebagai Purna Paskibraka Indonesia atau PPI.

Walaupun memiliki banyak perbedaan antara Paskibra dan Paskibraka, tetapi keduanya tetap memiliki persamaan, yaitu sama-sama sebagai abdi negara.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak