alexametrics

Sering Dikira Merek Luar, 10 Brand ini Asli Buatan Anak Bangsa!

Nur Fadilla
Sering Dikira Merek Luar, 10 Brand ini Asli Buatan Anak Bangsa!
Ilustrasi SilverQueen. (facebook SilverQueen)

Tidak kalah dengan negara-negara lain, Indonesia juga punya beberapa produk lokal yang telah mendunia. Mulai dari bidang kuliner, fashion, bahkan ada juga di bidang elektronik.

Lantas produk Indonesia yang mana saja yang telah berhasil menembus pasar dunia? Berikut info lengkapnya:

1. Indomie

Merek mi instan yang satu ini tidak hanya terkenal di Indonesia. Produk ini bahkan tren di luar negeri. Lebih dari 80 negara menjadi target ekspor produk ini. Sementara belasan pabriknya juga telah dibangun di Mesir, Arab Saudi, Nigeria, Turki, dan Serbia. Keren ya.

2. Polytron

Siapa sangka, produk elektronik ini ternyata asalnya dari Indonesia. Polytron yang merupakan salah satu anak perusahaan Djarum Group ini didirikan pada Mei 1975 di Kudus, Jawa Tengah. Hingga kini polytron berhasil mengekspor berbagai produknya ke Filiphina, Thailand, Vietnam, Myanmar, India, Pakistan, Sri Lanka, Arab Saudi dan Bahrain.

3. Polygon

Salah satu merek sepeda yang telah mendunia ini didirikan pada tahun 1989 di Sidoarjo, Jawa Timur. Hingga kini brand lokal ini telah berhasil mengekspor ke Spanyol, Amerika, Australia, Jepang, Rusia, India, dan negara-negara lainnya.

4. Tolak Angin

Selanjutnya ada brand jamunya Indonesia, Tolak Angin. Pertama kali dibuat oleh Ibu Rahmat Sulistyo pada tahun 1930 menggunakan bahan-bahan herbal seperti jahe, adas, mint, cengkeh, dan madu.

Hingga kini produk ini telah menggunakan standar Good Manufacturing Practices (GMP) dan berhasil mengekspor hingga ke Arab Saudi, Filiphina, Vietnam, dan masih banyak lagi.

5. Eiger

Didirikan pada tahun 1979, Eiger adalah merek yang menjual aneka tas, jam tangan, sepatu, sarung tangan, topi, kaus, celana, dll. Merek ini paling sering digunakan oleh mereka yang suka menjelajah alam. Hingga kini eiger telah mampu mengekspor produknya ke Jepang, Filiphina, Lebanon, dan lain-lain.

6. J.Co Donuts

Selanjutnya ada J.Co Donuts. Mungkin banyak yang mengira bahwa brand ini adalah merek import. Nyatanya, J.Co Donuts yang kebanyakan tersedia di mall-mall besar di Indonesia ini merupakan merek asli Indonesia. Bisnis milik Jhonny Andrean Group ini telah berhasil merambah hingga ke Malaysia, Filipina, Singapura, China, dan Arab Saudi.

7. Kopiko

Permen hasil racikan PT. Mayora ini sudah lama mendunia. Produk ini bisa ditemui di Portugal, Australia, Jerman, Singapura, Korea Selatan, dan negara-negara lain di Eropa dan Amerika.

8. GT Radial

GT Radial adalah sebuah perusahaan yang memproduksi ban mobil. Hingga kini perusahaan ini mampu menembuh pasar ekspor hingga ke negara-negara Timur Tengah dan Asia.

9. Bagteria

Bagteria adalah salah satu produk fashion di bidang tas hasil karya anak bangsa bernama Nancy Go. Brand ini sudah bisa dikategorikan sebagai produk papan atas. Banyak artis-artis dunia pernah memakai tas ini. Sebut saja Paris Hilton, Anggun, Emma Thompson, dll.

10. Silverqueen

Suka ngemil cokelat? Pasti tidak asing dengan produk Silverqueen bukan? Kisah produk ini bermula dari seorang warga Belanda yang memiliki pabrik cokelat. Pada tahun 1942, ketika Jepang mulai memasuki Indonesia, sang pemilik berusaha kabur dan menjual pabrik cokelatnya dengan harga murah. Dan pada tahun 1950, batangan cokelat Silverqueen berhasil diproduksi di nusantara.

Nah, makin cinta kan sama produk Indonesia?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak