alexametrics

Hobi Nulis Resensi Buku? 3 Akun Instagram Ini Cocok Buat Kamu!

Eko Saputra
Hobi Nulis Resensi Buku? 3 Akun Instagram Ini Cocok Buat Kamu!
Ilustrasi menulis (Pixabay).

Sebagian orang membaca buku sebagai hiburan dan melepas penat. Sebagian lagi membaca untuk menambah wawasan dan mempelajari keterampilan baru. Sebagian lainnya membaca untuk melatih kemampuan menulis, biasanya dengan membuat resensi dari buku yang baru selesai dibaca. 

Resensi atau ulasan merupakan suatu tulisan yang berisi penilaian terhadap sebuah karya, misalnya buku. Di dalam resensi, penulis biasanya memaparkan garis besar pembahasan disertai kelebihan dan kekurangannya. Hal ini berguna sebagai pertimbangan bagi orang lain yang belum membaca buku tersebut.

Menulis resensi bisa di mana saja seperti blog pribadi, mengirim ke media cetak atau online, dan bahkan di media sosial seperti Instagram. Nah, buat kamu yang hobi membuat ulasan buku, berikut ini 3 akun Instagram yang bakal menambah semangatmu agar giat menulis. 

1. @lima_alinea

@lima_alinea merupakan gerakan literasi yang mengajak para pembaca buku untuk menulis resensi mini sepanjang lima alinea sesuai dengan PUEBI dan KBBI. Setiap bulannya @lima_alinea mengadakan tantangan membuat ulasan dengan hadiah menarik berupa wishlist buku yang kamu mau senilai Rp. 100.000,-

Untuk kamu yang ingin mengikuti tantangan ini, caranya sangat mudah. Kamu cukup memposting resensi mini sepanjang lima alinea beserta foto buku tersebut di feed Instagrammu, kemudian tag @lima_alinea. Jika menarik, ulasanmu akan direpost setelah disunting oleh tim. 

Selain itu, akun ini juga memberikan cara menulis resensi buku seperti memahami konjungsi antar kalimat, struktur teks resensi, hingga tips membuka ulasan dengan kalimat yang menarik.

2. @komunitaspembacabuku

Akun ini memiliki misi untuk meningkatkan minat baca buku netizen se-Indonesia melalui Instagram. Oleh karena itu, @komunitaspembacabuku membuat tantangan untuk membaca satu buku dalam satu bulan dan menulis ulasannya.

Caranya sangat mudah, kamu cukup memposting resensi buku yang sudah kamu baca dan tag @komunitaspembacabuku. Dan bukunya harus buku fisik, untuk ebook belum bisa. Tidak semua ulasan direpost, jadi sebisa mungkin tulisanlah resensi dan foto yang memikat. Akan ada hadiah menarik untuk satu pembaca terbaik dan satu pembaca tervorit. 

Untuk tema buku yang diulas sudah ditentukan setiap bulannya; misalnya buku dengan judul lima kata, buku dengan cover merah, buku bergenre fantasi, dan lain sebagainya. Gimana? Semakin tertantang, kan? 

3. @gerakan_1week1book

@gerakan_1week1book merupakan komunitas literasi yang mengajak pembaca sekalian menyelesaikan minimal satu buku dalam satu minggu. Tema buku yang dibaca bebas sesuai keinginan masing-masing, begitu juga bentuknya, boleh buku fisik atau ebook. 

Cara mengikuti tantangan ini sangat mudah, pertama kamu perlu bergabung sebagai member yang mana petunjuknya dapat kamu dilihat pada bagian sorotan. Setelah itu, kamu tinggal memposting ulasanmu minimal satu kali dalam seminggu dan jangan lupa tag @gerakan_1week1book.

Setiap bulannya akan diposting rapor pembaca. Di sana kamu dapat melihat pembaca mana yang mengulas buku paling banyak. Akan ada hadiah menarik untuk para consistent reader, yaitu pembaca yang rutin mengulas tanpa bolong satu minggu pun. 

Nah, itulah 3 akun Instagram yang bakal memacu semangatmu untuk menulis resensi buku. Sudah follow yang mana saja? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak