facebook

Barbarian: Series Netflix yang Mengangkat Kisah Arminius Legendaris

Armand IS
Barbarian: Series Netflix yang Mengangkat Kisah Arminius Legendaris
Poster Series Barbarian (Netflix)

Kekuatan kekaisaran Romawi telah menjadi tema yang banyak diusung oleh berbagai karya dari sastra hingga layar kaca. Banyak dapat kita lihat bagaimana ribuan tentara Romawi berbaris dengan gagah layaknya seorang pahlawan. Namun, jarang kita temukan kisah yang menggambarkan kekaisaran Romawi sebagai sosok antagonis dan hal ini berusaha diusung oleh series Netflix yang berjudul Barbarian.

Series Barbarian memiliki judul asli Barbaren digarap oleh sineas dari Jerman dan rilis pada tahun 2020 di Netflix. Series ini diproduseri oleh Andreas Heckmann, Arne Nolting dan Jan Martin Scharf serta menampilkan beberapa aktor veteran dari negara tersebut seperti  Laurence Rupp, Jeanne Goursaud dan David Schütter. Barbarian mengisahkan sosok Arminius, seorang dari suku Germania yang diculik oleh gubernur Romawi sebagai tawanan dan diangkat sebagai centurion (jendral) tentara Romawi.

Mengenal sosok Arminius

Barbarian menceritakan sosok Arminius yang juga merupakan sosok yang ada di dunia nyata. Arminius dalam cerita di series ini tidak jauh berbeda dengan aslinya. Ia adalah seorang putra dari kepala suku Cherusci yang masuk dalam rumpun bangsa Germania yang menduduki hutan Teutoburg di sepanjang sungai Rhine (sekarang menjadi negara Jerman).

Arminius ditawan sebagai upeti yang diambil dari ayahnya, Segemer. Ia dirawat oleh seorang gubernur Romawi bernama Varus yang menjabat di magna Germania dan menguasai beberapa suku Germania. Varus mendidik Arminius sebagai centurion di pasukan berkuda yang berada di bawah komandonya. Tujuan Varus menjadikan Arminius sebagai seorang perwira militer Romawi adalah upaya untuk mematahkan semangat perlawanan dari suku Cherusci terhadap Romawi. 

Barbarian mengisahkan dilema yang dialami oleh Arminius. Ia harus melihat suku yang melahirkan dan membesarkannya dijajah oleh Romawi namun Ia harus mengabdi kepada kaisar Roma. Sepanjang cerita, kita dapat melihat pergolakan batin yang dialami Arminius hingga memuncak di akhir cerita.

Menggambarkan kekaisaran Romawi sebagai penjajah bangsa Germania

Kekaisaran Romawi menguasai daerah Germania dan memproklamirkan sebagai penguasa atas semua suku yang ada di daerah tersebut. Mereka harus tunduk kepada kekuasaan kaisar melalui gubernur yang bertugas di Germania. 

Perlakuan pasukan Romawi memperlakukan suku Germania secara tidak adil. Mereka menarik upeti dalam jumlah yang besar dan akan menyita semua kekayaan dan sumber daya seperti hasil panen dan ternak serta menyisakan sedikit untuk dinikmati penduduk suku Germania. Selain itu, pasukan Romawi tidak menghormati tradisi yang berlaku dalam suku tersebut, sehingga memicu kemarahan yang berujung pada pemberontakan dan perang.

Mengisahkan perjuangan kaum Germania memerdekakan tanahnya

Berkat kemarahan yang memuncak, para kaum Germania mengumpulkan saudara-saudara dari suku yang berbeda untuk mengangkat senjata. Mereka terpisah menjadi beberapa suku yang saling berkonflik, namun berkat peran dari beberapa tokoh utama, mereka menjadi bersatu berperang melawan pasukan Romawi. 

Dilema yang dialami Arminius semakin memuncak, lantaran Ia harus memilih pihak yang Ia perjuangkan. Penasaran dengan keputusan yang diambil Arminius? Jika iya, kamu dapat mencari tahu kelanjutannya dengan menonton series ini di Netflix. Selamat menonton!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak