facebook

Bosan dengan Makanan yang Itu-itu Saja? Coba 5 Camilan Khas India Paling Enak Ini!

Desyta Rina Marta Guritno
Bosan dengan Makanan yang Itu-itu Saja? Coba 5 Camilan Khas India Paling Enak Ini!
Camilan Khas India (Pixabay/Ashish_Choudhary)

Akhir-akhir ini, cuaca sering mendung ya. Kalau sudah mendung begini, enaknya ngemil. Mau ngemil tapi bosan dengan camilan yang itu-itu saja? 5 camilan khas India ini boleh banget dijadikan referensi.

Seperti yang kita tau bahwa India memiliki banyak sekali jenis makanan. Termasuk di antaranya makanan ringan yang cocok dijadikan camilan.

Meskipun berasal dari India, bukan berarti kamu harus terbang ke negara aslinya dulu kok. Tinggal cari resep di internet kemudian praktikkan. Lumayan juga kan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan?

Berikut ini adalah 5 camilan khas India yang lezat, beberapa di antaranya mungkin sudah pernah kamu temui.

1. Samosa

Makanan Samosa (Pixabay/nuzree)
Makanan Samosa (Pixabay/nuzree)

Rasanya, camilan yang satu ini adalah makanan India yang paling banyak dikenal oleh masyarakat. Bentuknya menyerupai pangsit goreng yang biasa dimakan bersama bakso ya? Samosa sendiri merupakan pastri goreng berbentuk segitiga yang berisi kentang rebus berbumbu rempah-rempah khas India. Samosa disajikan dengan saus bernama chutney.

2. Dosa

Makanan Dosa (Pixabay/ranjithsiji)
Makanan Dosa (Pixabay/ranjithsiji)

Hayo, jangan salah fokus dulu dengan nama camilan ini ya. Dosa adalah sebuah jajanan khas India yang bentuknya menyerupai crepe. Makanan ini terbuat dari beras dan juga kacang. Dosa memiliki isian berupa sayuran, daging, yogurt, dan kari ikan.

3. Ladoo

Manisan Ladoo (Pixabay/VikramGautam)
Manisan Ladoo (Pixabay/VikramGautam)

Bagi kalian penggemar film Bollywood, pasti pernah menemui adegan orang India berbagi manisan. Salah satu manisan yang terkenal dari India adalah ladoo. Ladoo memiliki tekstur yang kenyal tapi lembut, biasanya disajikan dengan saus gula kental atau taburan kacang pistachio.

4. Kheer

Makanan Kheer (foodandremedy.com)
Makanan Kheer (foodandremedy.com)

Kheer adalah sajian penutup khas India yang berbahan dasar beras dan susu, dengan tekstur creamy. Kheer biasanya disajikan dengan kacang-kacangan atau buah-buahan kering, sehingga menciptakan rasa segar. Karena kaya akan gizi, kheer ini baik untuk kesehatan tubuh, bahkan bagus untuk orang yang sedang program diet.

5. Kulfi

Makanan Kulfi (Pixabay/thecandidstroies)
Makanan Kulfi (Pixabay/thecandidstroies)

Masih dalam dunia per-dessert-an, kulfi ini adalah makanan penutup sejenis es krim. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat es krip pada umumnya. Namun, kulfi memiliki bahan khusus berupa saffron.

Itulah 5 camilan khas India yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, cari resepnya di internet, kemudian praktikkan dan nikmati camilan yang berbeda dari biasanya. Dijamin ketagihan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak