alexametrics

5 Kuliner Khas Selandia Baru yang Menggugah Selera

Desyta Rina Marta Guritno
5 Kuliner Khas Selandia Baru yang Menggugah Selera
Pavlova (Pixabay)

Jika berlibur ke suatu tempat, rasanya kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Kali ini, kita akan mengeksplor tentang makanan khas dari negeri kiwi yakni Selandia Baru.

Negara ini memiliki penduduk yang berasal dari berbagai negara. Jadi, untuk makanan, mungkin terdapat kesamaan-kesamaan dengan makanan di negara lain, terutama  yang berada di wilayah Eropa dan Australia. Meski demikian, Selandia Baru juga memiliki beragam makanan autentik. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Teh Kawakawa

Teh Kawakawa (Pixabay/TerriC)
Teh Kawakawa (Pixabay/TerriC)

Namanya terdengar unik dan lucu ya. Teh ini terbuat dari tumbuhan asli Selandia Baru yang bernama Kawakawa. Pada umumnya, daun dan akar dari pohon ini lah yang dijadikan obat oleh suku asli setempat yakni Maori.

2. Hokey Pokey Ice Cream

Es Krim Hokey Pokey (Pixabay/DanielTwal)
Es Krim Hokey Pokey (Pixabay/DanielTwal)

Siapa di sini yang suka es krim? Wah, bagi kamu pencinta dessert yang satu ini, wajib banget mencicipi Hokey Pokey Ice Creamnya Selandia Baru. Hokey Pokey Ice Cream Selandia Baru ini sebenarnya sama saja dengan es krim pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah topping-nya. Hokey Pokey Ice Cream ini memakai topping sarang madu yang membuat rasa manisnya semakin legit dan nikmat.

3. Kumara

Kumara (Pixabay/auntmasako)
Kumara (Pixabay/auntmasako)

Di Indonesia, kita mengenal kumara ini dengan istilah ubi manis. Di Selandia Baru, kumara diolah menjadi berbagai makanan seperti keripik dan kumara goreng.

4. Hangi

Hangi (newzealand.com)
Hangi (newzealand.com)

Hangi sebenarnya adalah sebuah teknik memasak ala suku Maori. Teknik tersebut adalah dengan mengubur makanan dan diasapi. Bahan makanan yang digunakan biasanya berupa daging dan sayuran. Bahan makanan dibungkus daun, kemudian dimasukkan ke dalam lubang. Setelah diberi batuan panas, makanan tersebut kemudian dikubur. Setelah selesai, lalu bisa diambil dan dimakan.

5. Pavlova

Makanan Pavlova (Pixabay/ponce_photography)
Makanan Pavlova (Pixabay/ponce_photography)

Pavloa adalah makanan sejenis hidangan penutup yang awalnya berupa kue meringue. Kemudian diberi whipped cream. Makanan ini populer di Australia dan Selandia Baru, biasa disajikan saat ada perayaan dan liburan.

Itulah 5 kuliner khas Selandia Baru yang harus banget kamu coba saat berwisata ke sana. Namun tanpa berkunjung ke negara aslinya pun kamu juga bisa menikmati hidangan tersebut dengan cara membuat sendiri. Cari resepnya, beli bahannya, kemudian praktikan. Kamu bisa menikmati hidangan khas Selandia Baru.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak