alexametrics

8 Phobia Paling Aneh yang Pernah Ditemukan, Ada Ketakutan Berlebih pada Diri Sendiri

ALIMMUL FATTAH
8 Phobia Paling Aneh yang Pernah Ditemukan, Ada Ketakutan Berlebih pada Diri Sendiri
Ilustrasi takut, phobia (pixabay)

Phobia atau fobia adalah suatu ketakutan yang secara terus menerus, berlebihan, tidak realistis terhadap suatu objek, orang, hewan, aktivitas bahkan sampai hal-hal aneh. Tentu bagi penderitanya, fobia merupakan kondisi yang tidak menyenangkan dan memicu terjadinya stres psikologis. 

Namun, tahukah kamu ada beberapa fobia aneh yang benar ada di dunia ini. Berikut adalah 8 phobia aneh yang pernah ditemukan.

1. Hippopotomonstro - sesquippedaliophobia 

Membaca nama fobianya saja mungkin kita sudah mengetahui jenis yang satu ini. Hippopotomonstro - sesquippedaliophobia merupakan fobia terhadap kata yang panjang. Biasanya pengidap fobia ini merupakan mereka yang mempunyai kelainan disleksia, yakni mungkin kesulitan dengan kata-kata panjang.

2. Phobophobia

Phobophobia merupakan fobia atau ketakutan berlebih terhadap diri sendiri. Tentu sangat sulit sekali dibayangkan tentang apa yang mereka rasakan. Para penderita Phobophobia akan selalu memiliki kecemasan yang tiada akhir.

3. Emetophobia

Kondisi ini menyebabkan penderitanya akan memiliki rasa takut dengan muntah. Peneliti mengkategorikan ini sebagai sosial fobia, karena mereka takut akan muntah di depan umum, dan mungkin saja bisa menyebabkan rasa malu kepada penderitanya.

4. Nomophobia

Nomophobia merupakan fobia terhadap hidup tanpa adanya smartphone atau telepon pintar. Fobia ini termasuk sebagai fobia baru. Sebuah penelitian baru mengungkapkan penderitanya akan memiliki rasa cemas akan kehilangan telepon pintarnya, sinyal, bahkan daya baterai.

5. Urophobia

Urophobia merupakan kondisi ketakutan terhadap urin atau buang air kecil. Untuk mereka yang mengalami masalah dengan kandung kemihnya, tentu saja mereka mengalami kecemasan yang berlebih akan terjadinya buang air di tempat umum atau ngompol. Mereka juga takut ketika sedang kencing di toilet umum. 

6. Panophobia 

Panophobia merupakan kondisi di mana si penderita memiliki rasa takut akan segalanya, seperti pada kegelapan, hewan, tumbuhan, dan bahkan suara. Secara lebih luas para penderita Panophobia memiliki ketakutan yang berasal dari penyebab yang tidak dapat diidentifikasi.

7. Cibophobia

Cibophobia adalah kondisi di mana penderita memiliki ketakutan terhadap makanan. Tentu saja ini terdengar sangat konyol, karena makanan merupakan sumber tenaga bagi manusia untuk melakukan aktivitasnya. Namun, studi mengungkapkan kondisi ini diderita oleh mereka yang mengalami kejang otot menyakitkan setelah makan atau menelan makanan. 

8. Amathophobia 

Amathophobia merupakan fobia terhadap debu. Mungkin tidak akan begitu mengejutkan jika ternyata penderitanya kebanyakan adalah penjaga perpustakaan, yang hidup di sekitar buku-buku tua yang berdebu.

Jika anda memiliki sebuah fobia, dan dirasa mengganggu aktivitas anda, segera hubungi dokter dan mungkin anda bisa menemukan jalan keluarnya. Itulah 8 phobia aneh yang pernah ditemukan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak