facebook

5 Manfaat Me Time untuk Kesehatan Mental dan Hubunganmu

ALIMMUL FATTAH
5 Manfaat Me Time untuk Kesehatan Mental dan Hubunganmu
Ilustrasi Me Time (pexels/Rodnae Productions)

Masalah yang kamu hadapi setiap harinya baik di tempat kerja maupun di sekolah pasti sangat membuat kamu stres dan dapat menimbulkan beban tersendiri bagi kondisi mental. Jika sudah seperti anda perlu menghibur diri anda agar stres anda menjadi lebih berkurang.

Me time menjadi salah satu cara menghilangkan stress paling tepat, selain itu me time juga dapat memberikan berbagai manfaat. Melansir dari hallosehat, berikut 5 manfaat me time bagi kesehatan mental dan hubungan kamu.

1.  Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Me time memiliki manfaat untuk menghilangkan pikiran stress setelah kamu seharian bekerja dan beraktivitas. Ketenangan yang kamu dapatkan dari menghindari hiruk-pikuk kehidupan dan aktivitas sehari-hari yang menguras tenaga dan emosi untuk sejenak juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja pada hari selanjutnya.

2.  Memberikan kesempatan kamu untuk berkenalan dengan diri kamu lebih baik lagi

Saat terlibat dalam suatu kelompok, baik itu dalam pekerjaan atau dalam sekolah, sudut pandang anda akan dengan sendirinya mengikuti sudut pandang orang lain. Tentunya hal itu dilakukan demi keberlangsungan pekerjaan dan suksesnya tugas yang diberikan kepada kelompok kamu. Nah, Dengan menyendiri sejenak kamu dapat merenungkan banyak hal yang selama ini tidak terpikirkan. 

Kamu juga dapat mempertimbangkan lebih dalam mengenai keputusan yang akan kamu ambil di masa depan. Selain itu, kamu juga dapat memahami diri kamu lebih baik lagi lewat renungan yang kamu lakukan saat menyendiri.

3.  Membuat tubuh dan pikiran jauh lebih segar

Rasa jenuh yang disebabkan karena melakukan aktivitas sehari-hari yang cenderung itu-itu saja dapat membuat pikiran kamu kusut, layaknya baju belum disetrika. Dampaknya, kamu bakal kesulitan untuk berpikir, mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah. Dengan melakukan me time ini, dapat membantu kamu menyegarkan pikiran karena untuk sejenak pikiran kamu terbebas dari hal-hal yang mengganggu tadi. Jika pikiran anda segar, tubuh pun akan merasakan hal yang sama.

4.  Memperbaiki hubungan dengan orang lain

Interaksi social yang dilakukan selama kita bekerja atau sekolah terkadang membuat kita jenuh. Akibatnya jika terjadi masalah kecil dengan sahabat, keluarga, ataupun pasangan pasti akan dibesar-besarkan dan menjadikan hubungan menjadi tidak harmonis. Dengan melakukan me time, kita bisa lebih menenangkan diri, Ketika kita sudah lebih tenang dan berpikiran jernih. Barulah kitab isa Kembali siap untuk berinteraksi dan mungkin meminta maaf jika berbuat salah atau terlalu berlebihan dalam bertindak sehingga menyakiti hati orang lain.

5.  Meningkatkan gairah dalam sebuah hubungan

Ketika kamu sudah memiliki pasangan bukan berarti kamu selalu harus mengesampingkan kepentingan kamu dan mengedepankan kepentingan pasangan saja. Memikirkan kebahagiaan pasangan sah-sah saja, tapi kamu juga harus dan bisa memikirkan diri sendiri. Jika dibiarkan, hal ini bukan hanya berakibat pada diri kamu yang akan merasa gelisah, marah, dan depresi. Namun, kondisi ini juga bisa berakibat pada hubungan kamu seperti kehilangan minat dengan pasangan atau bahkan merasa tidak bahagia. Oleh karena itu, me time perlu kamu lakukan untuk memikirkan diri kamu sendiri dan kamu akan memiliki gairah untuk melakukan hal lainnya termasuk dalam hubungan, dan kamu akan lebih siap untuk menciptakan waktu kualitas bersama.

Itulah 5 manfaat me time bagi Kesehatan mental dan juga hubungan kamu. Mulai sekarang jangan pernah nglewatin deh yang Namanya me time, walaupun Cuma sebentar tapi banyak banget lho manfaatnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak