facebook

4 Pelajaran Hidup dari Drama China Go Ahead, Jangan Lupa Berdamai dengan Takdir

Lintang Larissya
4 Pelajaran Hidup dari Drama China Go Ahead, Jangan Lupa Berdamai dengan Takdir
Drama China 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]

'Go Ahead' adalah drama China dirilis pada 2020 silam. Serial China yang bergenre melodrama dan keluarga ini dibintangi beberapa aktor serta aktris ternama Tiongkok seperti Tan Songyun, Song Weilong, juga Zhang Xincheng. Drama ini berhasil memeroleh kepopularitasan dan menjadi perbincangan hangat saat tayang.

Go Ahead mengisahkan kehidupan tiga orang anak yang tumbuh besar bersama dan menjadi keluarga dekat tanpa ada ikatan darah. Mereka berasal dari keluarga berbeda dan penuh dengan konflik. Meskipun tidak memiliki ikatan darah, mereka saling mendukung dan menyayangi satu sama lain melebihi saudara kandung.

1. Keluarga adalah keluarga

C-Drama 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]
C-Drama 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]

Li Jian Jian (Tan Songyun), Ling Xiao (Song Weilong), dan He Zi Qiu (Zhang Xingcheng) tumbuh dengan dua orang laki-laki dewasa yang mereka anggap sebagai ayah kandung. Hidup bersama selama belasan tahun tanpa ikatan darah, Ayah Li dan Ayah Ling menjaga, mendidik, serta membesarkan ketiga anak mereka tanpa pilih kasih. Meskipun mengetahui latar belakang He Zi Qiu yang memiliki ayah kandung kaya raya, tapi keluarga tersebut tidak menuntut balasan setelah membesarkan Zi Qiu. 

Meskipun orang lain berkata anak-anak tak kandung tersebut harus membalas budi kedua ayah yang telah membesarkan mereka tanpa pamrih. Namun, sang ayah justru ikhlas dan bahagia membesarkan tiga anak asalkan mereka tumbuh dengan sehat serta bahagia. Sebab, bagi mereka keluarga adalah keluarga. Tidak butuh orang lain untuk ikut campur dalam keluarga yang terdiri 5 orang tersebut.

2. Berdamai dengan takdir

C-Drama 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]
C-Drama 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]

Li Jian Jian, Ling Xiao, dan He Zi Qiu adalah anak yang malang. Li Jian Jian yang ditinggal ibunya meninggal dunia saat kecil. Setahun kepergian ibunya, ayah Jian Jian dijodohkan dengan seorang wanita yang sudah memiliki anak, yaitu ibu Zi Qiu. Jian Jian yang sangat tidak menyukai Zi Qiu pada awalnya karena takut ayahnya akan diambil, harus tinggal bersama Zi Qiu dan tumbuh dewasa bersama.

Ling Xiao memiliki keluarga yang penuh konflik semenjak sepeninggalan adiknya. Karena sebuah kesalahan yang mengambil nyawa sang adik, ibu dan ayah Ling Xiao terus bertengkar, hingga memutuskan untuk berpisah. Ibunya kembali menikah dan pindah ke Singapura. Saat Ling Xiao SMA, ibunya kembali datang untuk membawanya kembali padanya. Meskipun kecewa dengan perlakuan ibunya, Ling Xiao perlahan berdamai dengan ibu dan adiknya.

He Zi Qiu adalah anak dari He Mei, wanita yang dijodohkan dengan ayah Li, ayah kandung Jian Jian. Berpisah sejak kecil dan tidak kembali, Zi Qiu tumbuh dengan membenci ibunya. Hubungannya pun tidak baik dengan ayah kandungnya. Bagi Zi Qiu hanya ayah Li dan Jian Jian adalah keluarganya. Sementara yang lain adalah orang luar. Namun, setelah mengetahui fakta di balik kepergian ibunya yang tak kunjung menjemput Zi Qiu kecil, ia memahami dan maafkan kesalahan ibunya.

3. Bangkit dari keterpurukan

C-Drama 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]
C-Drama 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]

Hidup memang tidak berjalan mulus, selalu ada saja cobaan yang membuat diri harus jatuh dalam keterpurukan. Termasuk ketiga tokoh utama dan tokoh pendukung lain. Mereka memiliki masalah hidupnya sendiri-sendiri.

Namun, mereka berhasil tumbuh menjadi pribadi yang dewasa, mampu menyelesaikan masalah mereka dan segera bangkit dari keterpurukan. Dengan support dari teman dan keluarga, mereka mampu berjuang agar tidak terus pasrah 'diinjak-injak' oleh cobaan hidup.

4. Perjuangkan apa yang kamu cintai

C-Drama 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]
C-Drama 'Go Ahead'. [dok. mydramalist]

Entah itu keinginan, pekerjaan, atau orang yang kamu cintai, perjuangkanlah hal tersebut. Jangan sampai menyesal di masa depan.

Nilai ini ditunjukkan oleh tokoh pendukung bernama Qi Ming Yue dan Tang Can, sahabat dari Li Jian Jian. Mereka memperjuangkan segalanya agar dapat mengejar mimpi. 

Qi Ming Yue adalah seorang wartawan lokal. Selama hidupnya, Ming Yue selalu disetir oleh ibunya. Ia tidak memiliki ruang untuk melakukan apa yang sebenarnya ia inginkan. Sehingga suatu hari, ia memutuskan untuk melangkah mengambil keputusan besar agar dapat mewujudkan impiannya, tentu dengan melawan kehendak sang ibu.

Di sisi lain ada Tang Can, artis cilik yang tak lagi populer ketika tubuh dewasa. Tang Can sangat menyukai akting, tapi ia tidak berkesempatan untuk dapat lolos audisi. Tang Can tidak menyerah begitu saja, ia terus mencoba meskipun banyak yang mengatakan bahwa peruntungannya tidak berada di dunia seni peran. 

Untuk memperjuangkan orang terkasih dapat melihat dari peran Ling Xiao. Ling Xiao sudah menaruh perasaannya pada Jian Jian sejak SMA. Selama bertahun-tahun, ia mempelajari jurusan yang berkaitan dengan Jian Jian. Ia juga bersedia menunggu Jian Jian entah seberapa lama apapun itu agar dapat menerima cintanya.

Nah, itulah lima pelajaran hidup yang dapat diambil dari drama populer "Go Ahead". Memiliki jumlah episode 46 (untuk lokal) dan 40 (untuk internasional, drama ini berhasil mendapatkan rating tinggi karena mengandung alur yang menarik, mampu menaik turunkan emosi penonton dan tentunya memiliki banyak manfaat yang dapat dipetik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak