facebook

5 Rekomendasi Film Pendek Indonesia yang Wajib Kamu Tonton, Ada di YouTube

Naufal Ikbar
5 Rekomendasi Film Pendek Indonesia yang Wajib Kamu Tonton, Ada di YouTube
Rekomendasi Film Pendek Indonesia (Hasil tangkap layar kanal Youtube Visinema Pictures)

Ada banyak cara untuk mengusir rasa penat, salah satunya dengan menonton film pendek. Sebagaimana film panjang, film pendek juga memiliki berbagai macam genre dan cerita.

Tidak seperti film panjang, sebagian besar film pendek dapat diakses gratis di berbagai platform. YouTube menjadi salah satu platform yang menyediakan banyak film pendek.

Dari sekian banyak film pendek di Youtube, berikut ini beberapa judul yang layak untuk ditonton. Simak terus rekomendasi film pendek Indonesia yang bisa kamu tonton di YouTube.

Masa Sih?

Salah satu adegan dalam film pendek
Salah satu adegan dalam film pendek "Masa Sih?" (Hasil tangkap layar kanal Youtube Pamflet Generasi)

Film pendek yang disutradarai oleh Chairun Nissa ini diproduksi pada 2014 lalu. Cerita yang diangkat dalam film Masa Sih? sebenarnya sangat sederhana. Namun, ada banyak pelajaran penting yang dapat diambil dalam film tersebut.

Secara garis besar, Masa Sih? bercerita mengenai kehidupan siswa-siswi SMA yang tengah mengalami masa pubertas. Dalam masa pubertas itu, ada berbagai macam masalah yang mereka hadapi.

Mulai dari persoalan cinta, pencarian jati diri, hingga kebingungan dalam menghadapi berbagai perubahan fisik yang mereka alami karena pubertas.

Di tengah berbagai persoalan itu, mereka tetap harus menjalani kehidupan anak sekolah sebagaimana mestinya. Untungnya, mereka memiliki seorang guru yang tak sungkan berbagi cerita.

Bahkan, guru tersebut tidak ragu dikala harus membahas masalah yang selama ini tabu untuk dibicarakan, yakni mengenai sex education.

Arah Kisah Kita

Cuplikan adegan dalam film pendek
Cuplikan adegan dalam film pendek "Arah Kisah Kita". (Hasil tangkap layar kanal Youtube Opera)

Okta Andromedha merupakan seorang penulis novel yang tengah berusaha menyelesaikan karya terbarunya. Kali ini, ia ingin membuat novel dengan tema bajak laut. Untuk itu, ia pergi ke Museum Bahari di kawasan Kota Tua Jakarta untuk melakukan riset.

Dalam perjalanan ke Museum Bahari, ia bertemu dengan Olivia Samudera, seorang perempuan cantik yang memiliki pengetahuan mendalam tentang lautan. Sejak pandangan pertama, Okta telah jatuh cinta pada Olivia.

Okta kemudian melakukan berbagai cara untuk mendekati Olivia. Saat itu, Olivia tengah berada dalam posisi sulit untuk menentukan pilihan yang berkaitan dengan masa depannya. Melalui perbincangan kecil dengan Olivia, Okta kemudian ikut memikirkan hal tersebut

Menanti Keajaiban

Kinan dan Karin, dua tokoh dalam film pendek Mananti Keajaiban. (Hasil tangkap layar kanal Youtube Visinema Pictures)
Kinan dan Karin, dua tokoh dalam film pendek Mananti Keajaiban. (Hasil tangkap layar kanal Youtube Visinema Pictures)

Menanti Keajaiban merupakan sebuah film pendek karya Angga Dwimas Sasongko. Film yang dirilis pada 2020 lalu ini bercerita mengenai Hana dan Rio, dua sahabat yang tengah bekerja sama menulis sebuah cerita.

Dalam cerita yang ditulis Hana dan Rio, muncul dua karakter yang ditakdirkan untuk jatuh cinta. Dua karakter itu ialah Kinan dan Karin. Meski ditakdirkan untuk saling mencintai, kisah antara Kinan dan Karin tidak berakhir bahagia.

Kinan dan Karin harus berpisah di stasiun kereta tanpa sempat mengungkapkan perasaan satu sama lain. Begitulah Hana dan Rio mengisahkan kisah Kinan dan Karin dalam cerita yang mereka tulis.

Meski kisah pertemuan mereka ditulis berulang kali, tetapi akhirnya tetap sama. Kinan dan Karin tidak bisa bersama. Kinan pada akhirnya sadar bahwa takdirnya dan Karin sudah diatur oleh “pihak lain”. Kinan kemudian berusaha untuk mengubah semua itu agar tidak pernah berpisah lagi dengan Karin.

Balik Jakarta

Togar dan Günther, tukang ojek dan turis dalam film pendek
Togar dan Günther, tukang ojek dan turis dalam film pendek "Balik Jakarta". (Hasil tangkap layar kanal Youtube Studio Antelope)

Film produksi Studio Antelope ini bercerita mengenai kehidupan seorang sarjana bernama Togar. Meski mendapat gelar sarjana, Togar harus menerima kenyataan pahit sulitnya mencari pekerjaan di Jakarta.

Untuk bertahan hidup di tanah perantauan, Togar pada akhirnya menjalani pekerjaan sebagai tukang ojek pangkalan. Suatu ketika, seorang turis asal Jerman bernama Günther melintas di depan pangkalan ojek Togar. Setelah ditelusuri, Günther ternyata pernah tinggal di Indonesia.

Günther datang kembali ke Indonesia untuk mencari rumah masa kecilnya. Di antara tukang ojek yang ada, hanya Togar yang mampu berbahasa Inggris. Akhirnya Togar mengantar turis tersebut untuk mencari rumah yang dimaksud.

Namun, Günther tidak tahu secara pasti di mana alamat rumah tersebut. Ia hanya ingat pernah tinggal di daerah Kebayoran. Ia juga membawa foto kondisi rumahnya 20 tahun lalu.

Meski informasinya terbatas, Togar tetap bersedia mengantar Günther. Perjalanan Togar dan Günther pun kemudian dilalui dengan berbagai lika-liku jalanan kota Jakarta.

Rahasia

Salah satu adegan dalam film pendek
Salah satu adegan dalam film pendek "Rahasia". (Hasil tangkap layar kanal Youtube LAZone ID)

Di atas kereta Yogyakarta-Surabaya, remaja perempuan bernama Ardia tanpa sengaja bertemu dengan seorang laki-laki dewasa. Secara kebetulan mereka duduk berhadap-hadapan di gerbong yang sama.

Entah bagaimana caranya, Ardia dan laki-laki itu mulai akrab dan berbincang tentang rahasia mereka masing-masing. Keduanya tanpa ragu menceritakan rahasia yang selama ini mereka pendam.

Mungkin mereka berpikir, “Toh kita tidak akan pernah bertemu lagi”. Namun, tampaknya pemikiran mereka tak sepenuhnya benar.

Itulah rekomendasi film pendek Indonesia yang wajib kamu tonton.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak