facebook

10 Pekerjaan Bergaji Besar Tanpa Perlu Gelar Sarjana!

Filsa Brilliant
10 Pekerjaan Bergaji Besar Tanpa Perlu Gelar Sarjana!
Ilustrasi bekerja. [Shutterstock]

Mungkin banyak diantara kalian yang tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan untuk mendapatkan gelar sarjana seringkali diremehkan orang sekitar bahwa kalian tidak punya masa depan karena tidak memiliki relasi yang luas untuk mendapatkan pekerjaan yang bergaji tinggi.

Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa jenjang perguruan tinggi adalah wadah yang bagus untuk menunjang kariernya di masa depan. Anggapan ini tidak selalu benar, karena untuk menunjang prospek kerja dan karier yang bagus di masa depan bergantung pada kemampuan hard skill dan juga soft skill yang dimiliki oleh tiap orang, dan tidak bergantung pada reward jenjang pendidikannya.

Kira-kira pekerjaan apa saja yang tidak memerlukan titel sarjana namun bergaji besar dan memiliki prospek karier yang menjanjikan? 

1. Programmer

Pertama ada salah satu profesinya pak Bill Gates Yaps, programmer. Programmer adalah suatu profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem di perangkat komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bagi kalian yang memiliki skill menulis kode program (syntax) seperti Java, Phyton, JavaScript, PHP dan sebagainya boleh banget untuk menekuni pekerjaan ini.

Bahkan, pekerjaan ini sangat dibutuhkan di Indonesia guna bersaing di era digitalisasi. Kalau berkaca dari Bill Gates, mungkin sudah bisa dibayangkan mengenai gaji programmer,  Gaji seorang programmer pemula saja berkisar antara Rp 4-5 juta per bulan. Sedangkan, bagi yang sudah berpengalaman mendapat gaji antara Rp 18-40 juta rupiah. 

2. Blogger

Siapa di sini diantara kalian yang suka banget menulis? Mungkin pekerjaan yang satu ini bisa menjadi solusi bagi kalian yang sekedar ingin menyalurkan hobi menjadi pundi-pundi cuan. Blogger adalah pekerjaan yang bertugas mengelola blog, membagikan sebuah konten berupa tulisan yang didasari oleh perspektif penulis kepada audiens dengan tujuan untuk pribadi ataupun bisnis.

Laman blogger sendiri telah diakuisisi oleh Google. Sama seperti YouTube, konten kreator blog juga digaji oleh Google berdasarkan jumlah klik artikel oleh audiens. Gaji seorang blogger bermacam-macam tergantung jumlah visitor blog nya. Untuk gaji seorang blogger pemula berkisar Rp 1-3 juta per bulan. Sedangkan, untuk blogger profesional berkisar Rp 10 juta bahkan hingga ratusan juta rupiah. 

3. Pilot Komersial

Siapa yang bilang jika pilot komersial harus memiliki gelar sarjana? Justru salah besar ya! Syarat menjadi pilot komersial hanya memerlukan ijazah setingkat SMA saja lho. Jika kamu tertarik ingin bekerja sebagai pilot komersial yang terpenting kamu harus menguasai bahasa Inggris, baik itu secara lisan maupun tulisan dan tentunya paham tentang penerbangan.

Pastinya, kamu harus melengkapi syarat kecakapan menjadi pilot dengan menyelesaikan pendidikan pilot terlebih dahulu ya. Gaji yang akan diterima oleh pilot komersial tentunya nggak kecil ya hehe, untuk pemula saja berkisar antara Rp 180-240 juta per tahun, dan apabila sudah memiliki jam terbang yang tinggi bisa mencapai Rp 600 juta lho! Auto jadi sultan.

4. Marshaller

Jangan anggap remeh pekerjaan tukang parkir, karena ada lho tukang parkir yang digaji dengan nominal yang fantastis, yaps marshaller atau tukang parkir pesawat. Profesi ini menjunjung tinggi keselamatan setiap penumpang yang ada di dalam pesawat. Nah, untuk itu diperlukan kecakapan serta kehati-hatian dalam mengarahkan pesawat menuju tempat parkir yang telah ditentukan dengan tepat.

Gaji yang diterima marshaller di Indonesia dipatok sesuai dengan peraturan negara, itupun juga setiap maskapai berbeda-beda dalam mematok nominal gajinya. Namun, untuk perkiraannya sekitar Rp 5-7 juta per bulan. Di luar negeri gaji Marshaller jauh lebih fantastis daripada di Indonesia yakni bisa mencapai Rp 500 juta hingga Rp 1 milliar. 

5. Translator

Translator atau penerjemah adalah suatu pekerjaan yang bertugas menerjemahkan berbagai macam objek untuk keperluan publik, contohnya seperti buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, dan film dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Dibutuhkan kemampuan bahasa internasional yang baik tentunya, jika tertarik dengan pekerjaan ini.

Bahasa yang diterjemahkan pun tidak hanya bahasa Inggris saja melainkan bahasa internasional lainnya seperti bahasa Mandarin, Jepang dan dan yang lainnya. Untuk bisa fasih berbahasa internasional tersebut tentunya harus mengikuti kursus-kursus bahasa ingin dipelajari.

Soal gaji, translator ada yang sekedar freelance dan profesional. Untuk translator freelance mendpatkan gaji rata-rata kisaran Rp 6 juta per bulan. Sedangkan, translator profesional biasanya digaji oleh perusahaan yang menaunginya dengan kisaran Rp 5 hingga Rp 8 juta per bulan. 

6.) Tour Guide

Tour guide atau pemandu wisata tidak selalu harus lulusan S1 pariwisata, tetapi bagi kalian yang tidak melanjutkan ke jenjang S1 pun bisa menjadi tour guide. Tour guide bertugas untuk menjelaskan tentang objek wisata kepada wisatawan secara rinci dan dapat dipahami. Tour Guide dituntut untuk bisa fasih berbahasa Inggris lho.

Gaji seorang tour guide bisa mencapai Rp 15 juta per bulan tergantung grade objek wisata yang dituju oleh wisatawan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kalian yang suka jalan-jalan nih hehe. Selain bisa jalan-jalan juga dapat gaji yang besar pula.

7.) Fotografer

Pekerjaan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Siapa sih yang enggak tau Fotografer? Fotografer ini umumnya ada yang terikat di sebuah perusahaan dan ada juga yang freelance. Profesi fotografer ada bermacam-macam diantaranya fotografer produk, fotografer fashion, event fotografer, dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi seorang fotografer enggak harus kuliah kok, asalkan mau belajar pasti bisa kok membuka jasa fotografer freelance ataupun mengajukan diri ke sebuah perusahaan fotografi. Rata-rata gaji seorang fotografer yang freelance bisa mencapai Rp 5 juta, dan untuk yang terikat dengan perusahaan fotografi gajinya sekitar Rp 2 juta hingga Rp 9 juta per bulan.

8.) Teknisi Listrik

Kalian pasti suka mengeluhkan sinyal yang lelet gara-gara mati listrik, ya kan? Hehe. Tapi, tenang aja jika ada kendala mati listrik itu adalah tugasnya teknisi listrik. Teknisi Listrik bertanggung jawab dalam pengerjaan yang berkaitan dengan instalasi listrik bangunan, jalur transmisi tenaga listrik, mesin stasioner dan peralatan listrik lainnya.

Mungkin bagi kalian yang anak SMK jurusan kelistrikan pasti paham lah ya tentang lingkup ini hehe. Nah, itu mungkin bisa kalian manfaatin buat membuka usaha jasa ataupun kerja di perusahaan kelistrikan misalnya PLN nih. Karena gaji dari seorang teknisi listrik juga nggak main-main lho gaes. Diperkirakan gaji teknisi listrik rata-rata per bulannya mencapai 2-10 juta rupiah. Yuk, yang tekun di bidang kelistrikan tapi enggak mau kuliah bisa lah dicoba.

9.) Akuntan

Profesi akuntan khususnya di bidang perbankan, nggak semua karyawannya harus lulusan S1 Akuntansi. Contoh saja bank BCA yang menerima lulusan SMA sederajat untuk menggeluti profesi akuntan. Bank BCA membuka Program Pendidikan Akuntansi yang dikhususkan untuk lulusan SMA sederajat. Akuntan bertugas untuk menyusun sistem akuntansi dan laporan akuntansi untuk para nasabah. Rata-rata gaji seorang akuntan di Indonesia bisa mencapai Rp 6-8 juta per bulan. 

10.) Welder (Tukang Las)

Kebanyakan orang seringkali meremehkan pekerjaan yang satu ini. Ada yang bilang pekerjaan yang kotor lah, kasar lah, dan perspektif negatif lainnya. Padahal pekerjaan welder atau tukang las ini adalah salah satu pekerjaan yang memiliki gaji yang besar. Seorang welder biasanya akan menerima gaji sebesar Rp 4-10 juta per bulannya, namun gaji juga dapat bertambah jika ada lembur atau over time. Bahkan, welder di luar negeri bisa digaji hingga Rp 20 juta per bulan. 

Itulah tadi 10 pekerjaan yang bergaji besar tanpa harus memiliki gelar sarjana. Siapapun kamu yang ingin meraih kesuksesan di masa depan dan membanggakan orang tua jangan pernah minder dengan jenjang pendidikan. Karena sejatinya yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan itu adalah skill dan kompetensi yang memumpuni. So, kalian yang tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi jangan pernah minder ataupun insecure.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak