facebook

Mari Mengenal Tai Chi, Ilmu Beladiri yang Ada di Film Sang Chi

Calvin Vadero
Mari Mengenal Tai Chi, Ilmu Beladiri yang Ada di Film Sang Chi
Gerakan Tai Chi ( Foto: Unsplash.com/calvin)

Disadur dari taichicoloradosprings, Tai Chi adalah salah satu seni bela diri yang paling terkenal yang sudah ada sejak zaman Cina kuno. Berdasarkan Qigong dan teknik seni bela diri dari ribuan tahun yang lalu, Chen Wangting mengembangkan Tai Chi gaya Chen sekitar tahun 1670.

Hal ini ditandai dengan gerakan yang kontras dan saling melengkapi-lambat dan lembut versus cepat dan keras. Ini berisi kekuatan ledakan dan kuda-kuda rendah. Gaya Chen lebih sulit dan menuntut fisik daripada gaya Sun; jadi ini bukan gaya terbaik untuk memulai jika kamu menderita radang sendi.

Yang Lu-chan belajar Tai Chi dari desa Chen. Dia kemudian memodifikasinya dengan kuda-kuda yang lebih tinggi, gerakan yang lembut dan lambat, sehingga lebih cocok untuk lebih banyak orang.

Dari gaya Yang dan Chen, tiga gaya utama lainnya dikembangkan oleh Wu, Hao, dan Sun. Masing-masing gaya ini memiliki prinsip penting yang serupa, tetapi mengandung fitur dan karakteristik yang berbeda. Sun, gaya terbaru, paling cocok untuk penderita penyakit tulang dan sendi.

Tai Chi, juga dikenal sebagai tinju bayangan, merupakan cabang utama seni bela diri tradisional Tiongkok. Namanya berasal dari istilah filosofis, "Tai Chi," referensi tertulis pertama yang diketahui yang muncul dalam Kitab Perubahan lebih dari 3000 tahun yang lalu selama Dinasti Zhou (1100-1221 SM).

Dalam buku ini dikatakan bahwa “dalam semua perubahan ada Tai Chi, yang menyebabkan dua hal yang berlawanan dalam segala hal.” Tai Chi berarti pamungkas, sering digunakan untuk menggambarkan luasnya alam semesta.

Disadur dari taichiforhealthinstitute.org, prinsip-prinsip penting Tai Chi didasarkan pada filosofi Taoisme Tiongkok kuno, yang menekankan keseimbangan alami dalam segala hal dan kebutuhan untuk hidup dalam spiritual dan fisik yang sesuai dengan pola alam.

Menurut filosofi ini, segala sesuatu terdiri dari dua elemen yin dan yang yang berlawanan, tetapi sepenuhnya saling melengkapi, bekerja dalam suatu hubungan yang selalu seimbang. Tai Chi terdiri dari latihan yang seimbang antara yin dan yang, itulah sebabnya mengapa sangat efektif.

Yin dan yang adalah kutub yang berlawanan dan ditemukan dalam semua hal dalam hidup. Di alam, segala sesuatu cenderung menuju keadaan harmoni yang alami. Demikian juga, yin dan yang selalu dalam keseimbangan total.

Konsep-konsep seperti lembut, lentur, luwes dan feminin dikaitkan dengan yin, sedangkan konsep-konsep seperti keras, kaku, dan maskulin dikaitkan dengan yang. Kedua unsur ini saling melengkapi sepenuhnya dan bersama-sama membentuk satu kesatuan yang sempurna.

Hal-hal yang benar-benar seimbang dan selaras menjadi damai; menjadi damai secara alami mengarah pada umur panjang. Orang yang selaras sempurna akan menunjukkan keseimbangan dan kelengkapan ini melalui ketenangan dan kedamaian pikirannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak