facebook

Mengulik Manfaat Sedekah dalam Buku 100% Sedekah Gas Poll!

Sam Edy Yuswanto
Mengulik Manfaat Sedekah dalam Buku 100% Sedekah Gas Poll!
Buku "100% Sedekah Gas Poll!" (DocPribadi/SamEdy)

Sedekah merupakan salah satu bentuk saling tolong-menolong. Dalam Islam, sedekah sudah diatur sedemikian rupa, bahkan ganjaran bagi orang-orang yang melakukan kebaikan kepada orang lain balasannya sungguh luar biasa, dari mulai penglipatan 10 hingga 700 kali lipat, dipanjangkan umurnya, disembuhkan dari sakitnya, hingga diberikan naungan di hari tiada lagi naungan kecuali naungan-Nya, Allah Swt. (100% Sedekah Gas Poll!, halaman viii). 

Mungkin sebagian orang ada yang mengira hartanya akan berkurang bila diberikan atau disedekahkan kepada orang lain. Memang, secara kasat mata harta tersebut akan berkurang. Akan tetapi pada hakikatnya justru akan bertambah. Dalam NU Online (4/9/2020) dijelaskan sebuah hadis riwayat Muslim, Rasulullah Saw. bersabda; “Harta tidak akan berkurang dengan sebab sedekah.” Hadis ini semoga dapat dijadikan sebagai motivasi dan penyemangat bagi kita untuk rajin bersedekah.

Dari Abu Kabsyah Umar bin Sa’ad Al-Anmariy ra., ia mendengar Rasulullah Saw., bersabda: Ada tiga hal yang akan aku sampaikan kepada kalian, agar dapat kalian menjaganya dengan baik. Pertama, harta seseorang tidak akan berkurang karena sedekah. Kedua, seseorang yang dianiaya dan ia sabar atas penganiayaan itu, maka Allah Swt., akan membalasnya dengan kemuliaan. Ketiga, seseorang yang membuka pintu untuk meminta-minta, niscaya Allah Swt., membuka untuknya pintu kemiskinan atau yang semacamnya (100% Sedekah Gas Poll!, halaman 4). 

Salah satu manfaat sedekah ialah bisa menjadi wasilah atau perantara terkabulnya doa kita. Dalam sebuah hadis riwayat Ahmad, Rasulullah Saw. pernah menegaskan, “Barangsiapa ingin agar doanya terkabul dan kesulitan-kesulitannya teratasi hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan” (100% Sedekah Gas Poll!, halaman 18).

Hal terpenting saat bersedekah, jangan sekali-kali diikuti dengan perkataan yang menyakitkan dan menyinggung perasaan orang yang menerima sedekah, tapi diikuti dengan senyum serta perkataan yang baik, karena senyum adalah ibadah dan perkataan yang baik juga ibadah. Kita tidak tahu dari mulut siapa doa kita akan dikabulkan oleh Allah Swt. (100% Sedekah Gas Poll!, halaman 19). 

Buku berjudul “100% Sedekah Gas Poll!” (Quanta, 2017) yang disusun oleh Endang Koswara ini menguraikan tentang pentingnya bersedekah sekaligus manfaatnya yang begitu besar bagi umat Islam yang mau mengamalkannya. Selamat membaca.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak