facebook

5 Fakta Menarik dari Komik Tintin yang Belum Diketahui Orang Banyak

Calvin Vadero
5 Fakta Menarik dari Komik Tintin yang Belum Diketahui Orang Banyak
Tintin dan Milo (Instagram: tintin_belgium/calvin)

Alam semesta yang diciptakan oleh Hergé mengandung banyak rahasia tentang kehidupan penulis dan pengaruhnya. Ilustrator Belgia Georges Remi, lebih dikenal sebagai Hergé, menjadi terkenal di seluruh dunia dengan The Adventures of Tintin, serial komik tentang petualangan jurnalis muda Tintin.

Teman dan kenalan penulis menjadi inspirasi untuk menciptakan karakter dalam komik nya tersebut. Demikian pula, banyak tempat dan lanskap yang muncul dalam sketsa komiknya terinspirasi oleh tempat-tempat nyata di Brussel yang dikenal dan sering dikunjungi Hergé.

Berikut 5 Fakta menarik tentang karakter Tintin:

1.Pacar pertama Hergé

Disadur dari neatorama.com, Tintin selalu ditemani oleh Snowy, anjing ras Fox Terrier yang beberapa kali menyelamatkan jurnalis muda tersebut. Dalam versi komik aslinya (ditulis dalam bahasa Prancis), anjing Tintin diberi nama Milou (Bersalju dalam bahasa Inggris) sebagai penghormatan kepada pacar pertama Hergé, Marie-Louise Van Cutsem, yang ia panggil dengan akrab sebagai Milou.

2. Panggilan jurnalis

Disadur dari junior-report.media, menjadi jurnalis koresponden memungkinkan Tintin melakukan perjalanan ke berbagai negara dan memberikan cerita pemandangan yang sangat beragam.

Tapi selain itu, Tintin memenuhi fungsi jurnalisme yang paling penting: mencela ketidakadilan untuk mengubah dunia. Inilah yang dia lakukan ketika melawan gangster di Amerika, ketika menghadapi pengedar narkoba di Cigars of the Pharaoh, dan ketika mencela perdagangan budak di The Red Sea Sharks.

3. Tintin Hergé bukan yang pertama

Disadur dari neatorama.com, ada banyak teori tentang asal usul nama protagonis. Sebenarnya, julukan “Tin-Tin” sangat umum dalam bahasa Prancis untuk nama-nama seperti Martin atau Agustin.

Jadi, pada akhir abad ke-19, kartunis Benjamin Rabier telah menciptakan karakter anak-anak bernama Tintin-Lutin yang akan menginspirasi Hergé beberapa dekade kemudian. Pada tahun 1926, tiga tahun sebelum kemunculan pertama Tintin, Hergé telah membuat seri lain berjudul The Adventures of Totor.

4. Semangat petualang Palle Huld

Untuk seratus tahun kelahiran Jules Verne, pada tahun 1928 surat kabar Denmark Politiken menyelenggarakan kontes untuk para petualang muda. Begitulah cara Palle Huld, remaja Denmark berusia 16 tahun, memenangkan perjalanan keliling dunia.

Kisah Palle Huld menjadi terkenal dan pemuda itu muncul di semua surat kabar Eropa. Dikatakan bahwa Hergé menemukan inspirasi dalam dirinya untuk menciptakan Tintin.

5. Tempat tinggal Tintin

Dalam komiknya, Tintin tinggal di sebuah apartemen di Jalan Labrador No. 26, di Brussel. Alamat ini tidak ada, tetapi terinspirasi oleh Jalan Terre-Neuve di ibu kota Belgia, sangat dekat dengan pasar antik Jeu de Balle tempat kisah Rahasia Unicorn dimulai. 

Itulah beberapa fakta menarik dari komik Tintin yang belum diketahui orang banyak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak