facebook

Rekomendasi 5 Buku Sepak Bola Indonesia, Bahas Sejarah hingga Kebobrokan

Naufal Ikbar
Rekomendasi 5 Buku Sepak Bola Indonesia, Bahas Sejarah hingga Kebobrokan
Ilustrasi rekomendasi buku.(Pixabay/LubosHouska)

Tak bisa dipungkiri lagi, Indonesia merupakan negara yang penduduknya sangat. menyukai sepak bola. Dari mulai anak-anak hingga dewasa, semuanya menyukai sepak bola. Bukti nyata kegilaan orang Indonesia pada bola ialah klub lokal dan luar negeri sama-sama memiliki basis pendukung yang besar di sini.

Sepak bola di Indonesia sudah mengakar sejak lama. Bahkan sebelum negara Indonesia itu sendiri itu ada. Sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan pun tak lepas dari sepak bola. Misalnya saja, lahirnya PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) merupakan bentuk perlawanan kaum pribumi terhadap diskriminasi dari federasi sepak bola bentukan Hindia-Belanda NIVB (Nederlandsch Indische Voetbal Bond), yang kemudian berubah jadi NIVU (Nederlandsch Indische Voetbal Unie).

Dari dulu hingga sekarang, sepak bola Indonesia menyimpan banyak cerita. Berikut ini merupakan rekomendasi lima buku tentang sepak bola Indonesia yang menarik untuk dibaca.

Dokter Bola Indonesia

Buku drg. Endang Witarsa (Liem Soen Joe): Dokter Bola Indonesia. (Naufal Ikbar)
Buku drg. Endang Witarsa (Liem Soen Joe): Dokter Bola Indonesia. (Naufal Ikbar)

Sebagaimana judulnya, buku ini bercerita mengenai perjalanan karier seorang dokter gigi yang terjerumus ke dalam dunia sepak bola. Dokter gigi itu bernama Endang Witarsa. Ia merupakan salah satu pelatih legendaris yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Endang Witarsa muda merupakan seorang pemain sepak bola yang pernah bermain untuk klub Union Makes Strength. Setelah pensiun ia memutuskan berkarier menjadi pelatih.

Dalam karier sebagai pelatih, ia berhasil meraih prestasi yang mengagumkan bersama Persija dan tim nasional Indonesia. Dalam buku ini, semua sepak terjang Endang Witarsa dibahas secara tuntas. Buku ini pun memuat beberapa kisah menarik tentang kondisi tim nasional Indonesia di era 60-an.

BEPE20 PRIDE

BEPE20 PRIDE. (Naufal Ikbar)
BEPE20 PRIDE. (Naufal Ikbar)

Legenda hidup sepak bola Indonesia Bambang Pamungkas memang memiliki hobi menulis. Dari tulisannya itu, ia sudah melahirkan dua judul buku.

Buku pertama yang ia tulis ialah BEPE20 Ketika Jemariku Menari dan kedua berjudul BEPE20 PRIDE. Kedua buku itu bercerita mengenai perjalanan karier seorang Bambang Pamungkas.

Dalam buku berjudul BEPE20 PRIDE, Bambang bercerita banyak hal tentang kisruh yang ada di sepak bola Indonesia, termasuk ketika terjadi dualisme kompetisi dan federasi, dan tim nasional. Tak ketinggalan juga cerita Bambang di kala dirinya harus keluar dari Persija dan pindah ke Pelita Bandung Raya.

Semua cerita yang disampaikan Bambang dalam buku itu sangat menarik untuk dibaca. Pembaca dapat melihat sepak bola Indonesia dari kacamata orang yang puluhan tahun berkecimpung di dalamnya.

Mencintai Sepak Bola Indonesia meski Kusut

Mencintai Sepak Bola Indonesia Meski Kusut. (Naufal Ikbar)
Mencintai Sepak Bola Indonesia Meski Kusut. (Naufal Ikbar)

Buku ini ditulis oleh Miftakhul F.S, seorang wartawan senior yang sudah puluhan tahun meliput sepak bola Indonesia.

Dalam buku ini, Fim (sapaan akrab Miftakhul) membagikan berbagai pengalamannya ketika ditugaskan meliput berbagai peristiwa yang terjadi di dunia sepak bola dalam negeri.

Berbagai peristiwa konyol, memalukan, hingga penuh kontroversi diceritakan dengan baik oleh Fim di buku ini.

Sepakbola The Indonesian Way of Life

Sepakbola The Indonesian Way of Life. (Twitter/@jakartacasual)
Sepakbola The Indonesian Way of Life. (Twitter/@jakartacasual)

Antony Sutton merupakan seorang penulis lepas asal Inggris yang jatuh cinta pada kegilaan orang Indonesia dalam menikmati sepak bola. Selama belasan tahun ia menikmati dan ikut merasakan kegilaan itu. Pengalamannya itu kemudian ia tuangkan ke dalam buku berjudul Sepakbola The Indonesian Way of Life.

Dalam buku ini Anthony menceritakan bagaimana pandangan terhadap sepak bola Indonesia dan kegilaan para pendukung klub lokal.

Anthony bahkan menceritakan pengalamannya ketika menyaksikan langsung laga panas yang mempertemukan Persija dengan Persib.

Merawat Sepak Bola Indonesia

Merawat Sepak Bola Indonesia. (Fandom)
Merawat Sepak Bola Indonesia. (Fandom)

Merawat Sepak Bola Indonesia merupakan buku yang berisi kumpulan esai bertema sepak bola. Buku ini hasil kerja sama antara Fandom Indonesia dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Melalui buku Merawat Sepak Bola Indonesia, Fajar Junaedi, dkk., mencoba membahas sepak bola melalui sudut pandang ilmiah.

Berbagai fenomena yang terjadi di sepak bola Indonesia dibahas secara tuntas dengan pendekatan akademik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak