facebook

Ulasan Ancika: Lanjutan Kisah Asmara Dilan Setelah Putus dengan Milea

Rizky Melinda Sari
Ulasan Ancika: Lanjutan Kisah Asmara Dilan Setelah Putus dengan Milea
Ilustrasi cover Ancika (twitter/@pidibaiq)

Novel Ancika adalah kelanjutan dari kisah asmara Dilan setelah putus dengan Milea.

Identitas Buku

Judul: Ancika

Penulis: Pidi Baiq

Penerbit: Pastel Books

Jumlah halaman: 337 halaman

Cetakan ketiga, Desember 2021

Ulasan

Membaca lanjutan kisah asmara antara Dilan dan Ancika setelah putus dengan Milea sedikit banyak membuat aku sebagai pembaca ikut bernostalgia. Dulu saat membaca kisah asmara Dilan dan Milea, aku masih anak SMA, sekarang sudah mahasiswi semester 4. Seakan masa remajaku seiring dengan tumbuhnya kisah Dilan. Cerita ini jadi punya kenangan tersendiri dalam hidupku.

Menurutku, Dilan di buku Ancika ini adalah Dilan versi dewasa, matang, dan berbeda dibanding Dilan dalam buku-buku sebelumnya. Memang sudah seharusnya demikian, bukan? Setiap orang harus bisa berubah menjadi lebih baik. Dilan sudah menjadi sosok yang lebih berwibawa, tidak lagi bersikap seperti remaja yang lebih mengutamakan emosi. Apalagi Dilan sudah menjadi mahasiswa ITB.

Aku pernah membaca salah satu ulasan bookstagram yang menyatakan bahwa Cika lebih bisa mengimbangi humor dan candaan Dilan, dan aku sebagai pembaca juga setuju. Tanpa berniat membandingkan antara Cika dan Lia, aku merasa Dilan memang pas dengan Cika.

Pada akhirnya, kisah asmara Dilan dan Lia mengajariku bahwa tidak ada yang salah dengan perasaan, karena memang sudah seperti itu adanya. Bersama Cika, Dilan menemukan dirinya. Bukan berarti dengan Lia tidak. Namun, pada akhirnya mereka menemukan cinta masing-masing. Masa lalu bukan untuk disesali, tetapi untuk dikenang dengan bahagia dan penuh penghargaan terhadap perasaan yang pernah ada.

Dari awal, aku sebenarnya tim Dilan bersama Milea, tetapi akhirnya aku sadar, jodoh Dilan yang sudah digariskan oleh Tuhan adalah Cika. Aku hanya orang luar, sama seperti para pembaca lainnya, yang diberi kesempatan untuk ikut mencicipi dan memetik hikmah dari kisah mereka semua yang penuh pelajaran berharga.

Baca saja buku ini, tidak kalah seru dibanding buku-buku sebelumnya. Siap-siap jatuh cinta dengan sosok Cika yang apa adanya tetapi penuh pesona dan daya tarik tersendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak