facebook

Pencinta Makan Merapat, 5 Destinasi Wisata Kuliner di Bandung Ini Wajib Dikunjungi!

Jasmine Nadhifa Aprilia
Pencinta Makan Merapat, 5 Destinasi Wisata Kuliner di Bandung Ini Wajib Dikunjungi!
Wisata Kuliner Bandung (instagram/kulinerbandung)

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan wisata. Betapa tidak, Bandung menyediakan destinasi wisata alam yang difavoritkan banyak orang. Tak hanya itu, Bandung juga terkenal dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera dan wajib untuk dicoba.

Wisata Kuliner di Bandung sudah dikenal para wisatawan dengan kelezatannya. Meskipun makanan-makanan khas Bandung saat ini sudah banyak dijual di berbagai kota, tetapi masih kurang memuaskan rasanya jika tidak mencobanya secara langsung dari tempat asalnya. Berikut 5 destinasi wisata kuliner di Bandung yang wajib kalian kunjungi.

1. Sate Jando Gedung Sate

Sate Jando (sumber: https://instagram.com/kulinerbandung)
Sate Jando (instagram.com/kulinerbandung)

Sate yang berlokasi di belakang Gedung Sate ini terbuat dari bagian lemak susu sapi. Ada tiga jenis macam sate yang bisa kalian pilih, yaitu sate ayam, sate sapi, dan sate jando. Satu porsi sate berisikan 10 tusuk termasuk lontong yang disajikan dengan daun pisang. Kemudian, sate disiram bumbu kacang, kecap, dan juga sambal. Seporsi sate jando bisa dibeli dengan harga Rp 25.000.

2. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu (sumber: https://instagram.com/kulinerbandung)
Cuanki Serayu (instagram.com/kulinerbandung)

Cuanki merupakan salah satu jajanan legendaris yang berasal dari Kota Bandung. Bahan dasar dari makanan ini sendiri adalah olahan ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap lainnya. Satu porsi cuanki biasanya disajikan dengan kuah kaldu berisikan bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus.

Sama seperti halnya bakso pada umumnya, seporsi cuanki juga dilengkapi dengan tambahan bawang goreng dan seledri, untuk meningkatkan cita rasanya. Selain menu Cuanki, terdapat pula menu Batagor Serayu dengan siraman bumbu kacang yang dapat kalian coba di sini. Karena rasanya yang lezat, para pembeli rela antre lama demi mendapatkan semangkok Bakso Cuanki maupun Batagor Serayu. Menu Cuanki dan Batagor Serayu dibandrol dengan harga Rp 17.000 per porsinya. Tempat makan ini buka sejak pukul 11.00 hingga 17.00 WIB.

3. Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung (sumber: https://instagram.com/kulinerbandung)
Iga Bakar Si Jangkung (instagram.com/kulinerbandung)

Salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang banyak diminati oleh wisatawan baik lokal maupun luar adalah Iga Bakar Si Jangkung. Tempat makan ini menawarkan hidangan Iga yang tidak biasa dari restoran biasanya. Sebab, menyajikan Iga Bakar dalam bentuk hot plate dan tanpa tulang. 

Selain menu Iga Bakar, di Iga Bakar Si Jangkung ini juga tersedia aneka macam menu lainnya seperti Sate Potong, Sop Bakar, Tongseng, Nasi Goreng, dan masih banyak lagi. Untuk harga satu porsi makanan di sini terbilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 30.000 – Rp 40.000 per porsi nya. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Cipaganti dan buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB setiap harinya.

4. Red Dimsum Dipatiukur

Red Dimsum (sumber: https://instagram.com/kulinerbandung)
Red Dimsum (instagram.com/kulinerbandung)

Red Dimsum merupakan salah satu kedai dimsum yang terletak di pinggir jalan. Harganya murah tapi enak, sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Dipatiukur, tepatnya di depan Universitas Padjajaran. Kalian dapat menemukan aneka macam menu dimsum di kedai ini, mulai dari Hakao, Siomay Nori, Siomay Ayam Kepiting, Siomay Udang, dan masih banyak lagi.

Dimsum yang disajikan langsung dari kukusan ini dijual seharga kurang lebih Rp 13.000 per porsinya dengan isi 4 buah. Kedai Red Dimsum dibuka mulai pukul 18.00 – 24.00 WIB. Jika kalian akan mengunjungi kedai Red Dimsum ini, direkomendasikan untuk tidak datang terlalu larut malam.

5. Sudirman Food Street

Sudirman Food Street (sumber: https://instagram.com/bandungpedia)
Sudirman Food Street (instagram.com/bandungpedia)

Tempat makan yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman dan berkonsep food court ini merupakan salah satu destinasi makan enak di Bandung pilihan para wisatawan. Sudirman Food Street ini terdiri atas banyak tenant makanan yang memanjang ke dalam hingga menembus Jalan Cibadak. Ada bermacam makanan ringan hingga makanan berat yang dapat kalian temukan disini, mulai dari yang bercita rasa Khas Sunda, Japanese, Korean, Western, hingga Tradisional.

Untuk itu, bagi wisatawan muslim tidak perlu takut akan kesulitan menemukan menu Halal di tempat ini meskipun di dalam sana terdiri atas menu makanan yang sangat beragam. Pusat kuliner ini dibuka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB dan mulai ramai dipenuhi oleh pengunjung mulai di waktu sore.

Itulah kelima rekomendasi destinasi wisata kuliner di Bandung yang wajib untuk kalian kunjungi. Apakah kalian tertarik untuk mencoba kuliner bandung?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak