facebook

Tingkatkan Produktivitas dan Minat Belajar Kamu dengan Channel YouTube Ini!

Alamanda Haliza
Tingkatkan Produktivitas dan Minat Belajar Kamu dengan Channel YouTube Ini!
ilustrasi belajar. Instagram: @lawstandfound/alamandahaliza

Demi menekan angka kasus pada pandemi Covid-19, kita diharuskan untuk melakukan banyak kegiatan profesional yang mulanya dilakukan di luar, jadi di rumah. Work from home dan online learning menjadi dua hal yang paling sering kita dengar, akibat dari munculnya virus ini. 

Kegiatan rumah dan pekerjaan profesional yang biasanya dilakukan di dua tempat yang berbeda, sekarang jadi tercampur hanya di satu tempat saja, membuat fokus dan prioritas pekerjaan menjadi tidak terstruktur.

Online meeting yang tiada hentinya, PR yang diberikan guru menjadi dua kali lebih banyak jumlahnya, juga dengan pembelajaran yang kurang efektif dan tidak terpenuhinya kebutuhan sosialisasi, membuat motivasi dan tingkat produktivitas menurun.

Belum lagi, ada banyak murid yang memiliki ketertarikan belajar yang rendah karena menganggap bahwa belajar merupakan kegiatan yang membosankan dan juga tidak terlalu penting.

Berikut ini adalah rekomendasi channel-channel YouTube yang dapat membantu memotivasi kamu untuk meningkatkan minat belajar dan juga lebih produktif:

1. Ruby Granger

Youtuber Ruby Granger
Youtube/Ruby Granger

Youtuber yang ini sangat dikenal dengan konten time management-nya dan juga jam belajarnya yang terbilang tinggi, hingga 15 jam. Namun, yang unik dari channel Ruby adalah caranya menyampaikan kontennya, sehingga memberikan rasa yang sangat nyaman dan tenang ketika menonton videonya. 

Style estetika yang merujuk pada era Victoria mewarnai channel ini, yang semakin memberikan kesan nyaman dan menjadi nilai tambahan untuk channel ini. 

Dalam channelnya, Ruby membuktikan bahwa dengan skill time management yang baik, kamu masih bisa memiliki hari-hari yang produktif, tapi juga masih bisa dapat menikmati kegiatan-kegiatan lain yang kamu mau nikmati. 

2. Unjaded Jade

Youtuber Unjaded Jade
Youtube/Unjaded Jade

Youtuber yang dikenal dengan nama Jade ini suka memberikan tips belajar dan produktivitas dengan bukti-bukti sains. Dalam kontennya, Jade juga sering berbicara tentang mindfulness dan kindness, yang dicontohkan dengan melatih hal-hal tersebut melalui yoga dan bermeditasi dalam vlog-nya. 

3. Vee Kativhu

Youtuber Vee Kativhu
Youtube/Vee Kativhu

Youtuber yang baru saja lulus dari Oxford University dan sedang melanjutkan pendidikan S2-nya di Harvard University, memiliki konten yang menarik. Meskipun dia lulusan dan murid dari salah satu universitas top dunia, dalam konten essay crisis-nya dia menunjukkan bahwa dia juga manusia, yang bisa sesekali “gagal” dalam mengatur waktu, sehingga harus mengerjakan tugas-tugasnya dalam waktu dekat deadline.

Hal ini berarti penting bagi para penontonnya, karena Vee telah berani untuk menunjukkan realita yang kenyataannya dialami banyak murid.

Vee bisa dibilang merupakan salah satu tokoh yang menginspirasi anak muda, khususnya perempuan. Dia bicara banyak mengenai empowered dan percaya bahwa dimanapun kita berada, jika kita memiliki dukungan dan lingkungan yang tepat, pasti kita akan bisa berada di tempat yang lebih baik dari sebelumnya. 

4. Ali Abdaal

Youtube Ali Abdaal
Youtube/Ali Abdaal

Konten self-imporvement sangatlah tidak asing dibicarakan dalam konten channel ini. Ali banyak memberikan tips belajar, produktif, juga berbagi apa saja aplikasi yang ia suka gunakan untuk meningkatkan keefektivitasan produktivitasnya.

Konten-konten produktif dan belajar ini tidaklah hanya memotivasi para penonton saja, tetapi juga merubah penglihatan masyarakat terhadap dua hal ini yang suka terlihat sulit untuk dijalankan, membosankan, menjadi suatu hal yang menyenangkan dan juga mudah dijalani, jika kita tahu cara yang benar untuk melakukannya.

Konten-konten ini juga telah membantu banyak orang yang selama ini telah berusaha belajar dan menjadi produktif, tetapi selalu gagal, karena sistem yang mereka lakukan cenderung salah dan memakan lebih banyak waktu. Makannya, ada banyak tips yang diberikan mengenai bagaimana caranya supaya kita dapat menata waktu dan rutinitas dengan realistis dan rapi, cara agar waktu belajar lebih pendek tetapi memiliki efektivitas yang lebih tinggi, dan juga cara agar kita bisa terus menerapkan hal-hal ini kedepannya, supaya tingkat produktivitas kita dapat terjaga. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak