facebook

4 Rekomendasi Drama Korea Bertema Kesehatan Mental, Ada Kepribadian Ganda!

Rizky Melinda Sari
4 Rekomendasi Drama Korea Bertema Kesehatan Mental, Ada Kepribadian Ganda!
Ilustrasi poster Kill Me Heal Me (vidio.com/rizkymelinda)

Isu mengenai kesehatan mental belakangan ini semakin marak dibicarakan. Hal ini tentu membawa dampak positif sehingga masyakarat dapat membuka mata dan tidak lagi menganggap kesehatan mental sebagai permasalahan yang sepele.

Salah satu cara untuk lebih mengetahui informasi dan pengetahuan tentang kesehatan mental adalah melalui film, buku, maupun drama yang mengangkat tema sejenis.

Salah satu sumber informasi mengenai kesehatan mental bisa kamu peroleh dari drama Korea. Negeri Gingseng ini terkenal sebagai pembuat drama yang sukses dan selalu berhasil menggaet banyak penonton.

Berikut adalah beberapa rekomendasi drama Korea yang mengangkat tema kesehatan mental yang bisa kamu tonton.

1. It's Okay To Not Be Okay

Ilustrasi Seo Ye Ji dan Kim So Hyun (netflix.com)
Ilustrasi Seo Ye Ji dan Kim So Hyun (netflix.com)

Drama Korea yang tayang perdana pada tahun 2020 ini memiliki beragam genre, mulai dari psychological, comedy, romance, dan drama. Diperankan oleh aktor dan aktris berbakat yaitu Kim Soo Hyun sebagai Moon Gang Tae dan Seo Ye Ji seabagai Ko Moon Young, drama ini banyak mengisahkan sisi kelam dari trauma masa lalu.

Sifat keduanya yang bertolak belakang menyebabkan mereka tidak menyadari perasaan yang mulai tumbuh untuk satu sama lain. Namun, akhirnya mereka saling menyadari dan saling menyembuhkan luka emosional akibat peristiwa masa lalu. Drama ini terdiri dari 20 episode.

2. Good Doctor 

Ilustrasi drama Good Doctor (viu.com)
Ilustrasi drama Good Doctor (viu.com)

Drama Korea berjudul Good Doctor ini menampilkan acting memukau dari aktor Joo Won yang berperan sebagai Park Shi On, seorang dokter yang memiliki autisme. Namun, dibalik sikapnya yang tidak memiliki kedewasaan mental itu, ia meurpakan lulusan kedokteran dengan keterampilan medis yang luar biasa.

Karena latar belakangnya yang mengidap autisme, banyak rekan kerja dan pasien yang tidak mempercayai kemampuannya saat bekerja di rumah sakit. Shi On menunjukkan sikap yang tidak mudah menyerah dan ia berusaha membuktikan bahwa dia adalah seorang dokter yang kompeten meskipun seorang autisme.

3. Clean With Passion Now

Ilustrasi salah satu adegan drama Clean With Passion for Now (netflix.com)
Ilustrasi salah satu adegan drama Clean With Passion for Now (netflix.com)

Tidak seperti dua cerita sebelumnya yang lumayan berat, Clean With Passion Now memiliki alur dan jalan cerita yang sedikit lebih ringan. Diperankan oleh akotr Yoon Kyun Song sebagai Jang Sun Gyeol dan aktris Kim Yoo Jung sebagai Gil Oh Sol, drama ini bercerita tentan seorang lelaki tampan yang menderita Mysophobia.

Mysophobia menyebabkan seseorang gila kebersihan sehingga takut dengan bakteri, kotoran, debu, kuman, hingga infeksi penyakit. Sun Gyeol bertemu dengan Oh Sol, karyawan baru dengan sikap urakan yang  perusahaannya yang akan membantunya untuk keluar dari cengkeraman mysophobia yang dialaminya selama ini.

4. Kill Me, Heal Me

Ilustrasi poster Kill Me Heal Me (vidio.com)
Ilustrasi poster Kill Me Heal Me (vidio.com)

Drama Korea Kill Me, Heal Me mengangkat tema kepribadian ganda atau multiple personality disorder. Hal ini terjadi karena tokoh utama yang diperankan oleh aktor Ji Sung sebagai Cha Do Hyun ini memiliki trauma masa lalu.

Itulah 4 rekomendasi drama Korea yang mengangkat tema mengenai kesehatan mental. Semoga dengan menonton drama tersebut, kita semua bisa lebih peduli dan tidak lagi mengaggap remeh campaign mengenai kesehatan mental. Selamat menonton

Do Hyun diketahui memiliki tujuh kepribadian yang berbeda dan saling bertolak belakang. Drama sebanyak 20 episode ini juga menampilkan genre comedy ketika salah satu kepribadian Do Hyun yang humoris keluar. Hingga suatu hari salah satu kepribadian Do Hyun bertemu dan jatuh cinta pada Oh Ri Jin yang diperankan ole Jwang Jung Eum. Ri Jin berusahanmembantu Do Hyun mengatasi masalahnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak