facebook

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Mobil, Manual vs Matic

Fatson Tahya
Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Mobil, Manual vs Matic
Ilustrasi Transmisi Mobil (Pexels/fatsontahya)

Dunia otomotif membedakan transmisi mobil menjadi dua, yaitu transmisi manual dan transmisi automatic atau yang sering disebut dengan transmisi matic. Perlu diketahui kedua sistem ini mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Berikut kelebihan dan kekurangan mobil transmisi manual dan mobil transmisi matic:

  • Kelebihan dan kekurangan mobil transmisi manual

Kelebihan dari mobil manual adalah mempunyai akselerasi yang lebih baik daripada mobil matic, karena pengemudi dapat mengatur sendiri kecepatan serta persneling, jadi mobil transmisi manual mempunyai daya responsif yang lebih baik dalam hall kecepatan.

Mobil manual juga mempunyai biaya perawatan yang lebih murah daripada mobil matic, ini dikarenakan banyaknya teknisi atau bengkel yang handal dalam menangani mobil manual. Mobil manual juga lebih hemat bahan bakar, serta mobil bertransmisi manual memiliki engine break ini bisa berguna bagi pengemudi yang melalui lintasan berupa jalan yang menurun.

Kelemahan mobil manual terletak pada kenyamanan saat mengendarai mobil, contoh saat kondisi jalan yang sedang macet, mobil manual berpotensi membuat pengemudi cepat lelah dalam menyetir.

  • Kelebihan dan kekurangan mobil transmisi matic

Mobil matic mempunyai kelebihan pada kenyamanan saat pengemudi mobil mengendarai mobil ini, mobil matic mudah dikendarai, tidak perlu mengganti persneling karena mobil matic sudah tersistem untuk bekerja secara otomatis, hal ini akan lebih menghemat energi pengemudi mobil matic.

Kekurangan mobil matic adalah dari segi perawatan, biaya perawatan mobil matic memang lebih mahal daripada biaya perawatan mobil manual karena bengkel serta teknisi yang mahir dalam menangani mobil matic tidak sebanyak mobil manual. Bahan bakar mobil matic juga lebih boros daripada mobil manual ini diakibatkan karena perputaran yang otomatis, karena perputaran yang otomatis ini juga oli pada mobil matic harus lebih sering diganti.

Engine break pada mobil manual berguna saat melewati jalan yang curam menurun, mobil matic tidak mempunyai engine break sehingga pengemudi harus bisa mengatur rem dengan presisi.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing, pilihan memilih mobil transmisi manual atau transmisi matic dikembalikan kepada masing-masing kebutuhan dan kondisi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak