facebook

Ulasan Film Korea Selatan Hitman: Agent Jun, Saat Agen Terbaik Palsukan Kematiannya karena Jenuh

M. Fuad S. T.
Ulasan Film Korea Selatan Hitman: Agent Jun, Saat Agen Terbaik Palsukan Kematiannya karena Jenuh
Agen Jun yang harus berhadapan dengan musuh dan rekannya sendiri (dok. tangkapan layar film Hitman: Agent Jun/armada)

Bagaimana jadinya jika agen terbaik NIS (National Intelligence Service, alias badan intelijen milik Korea Selatan) jenuh dengan kesehariannya? Mungkin bagi sebagian orang, mereka akan mengambil cuti atau beristirahat barang sejenak dari rutinitas untuk mengusir kejenuhan yang dirasakan.

Namun tidak demikian dengan agen andalan Korea Selatan bernama Jun yang diperankan oleh Kwon Sang-Woo. Jun yang sudah merasa jenuh dengan profesinya sebagai agen, memilih untuk memalsukan kematiannya demi bisa menjalani hidup yang baru. 

Lima belas tahun selepas memalsukan kematiannya, Jun yang menjadi legenda di dunia agen Korea Selatan, telah hidup sebagai orang biasa dan menikah dengan Mi-Na yang diperankan oleh Hwang Woo Seol Yee. Pernikahan keduanya dikaruniai seorang anak perempuan (yang diperankan oleh Lee Ji Won) dan hidup dengan merintis karir sebagai penulis komik di Webtoon.

Namun sayangnya, karya-karya yang dibuat oleh Jun sang mantan Agen tak diterima dengan baik oleh masyarakat, sehingga seringkali di take down oleh penyedia layanan karena kurang laku. Tentu saja hal tersebut membuat Jun bingung. 

Siapa sangka, ditengah kebingungannya, sebuah mahakarya muncul saat dirinya tengah mabuk berat. Iya, antara sadar dan tidak, Jun membuat webtoon berdasarkan pengalaman nyata dirinya ketika menjadi agen NIS.

Keesokan harinya, ketika tersadar, Jun segera menghubungi editor untuk meminta pembatalan tayangan, namun pihak penerbit menyatakan bahwa komik yang dibuatnya laku keras di webtoon. Akhirnya, demi mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, Jun pun merelakan komik yang mengangkat kisahnya sewaktu menjadi agen di NIS diterbitkan secara berkala.

Namun, disinilah semua permasalahan bermula. Penggambaran yang detail dari kisah-kisah nyata yang dia angkat, ternyata dikenali oleh musuh dan juga rekan-rekannya yang masih di NIS. Tak ayal, Jun pun menjadi buruan dan membuat keselamatan keluarganya turut terancam.

Kondisi tersebut diperparah dengan posisi Jun yang terjepit di antara dua pihak yang harus dihadapinya, yakni musuhnya ketika masih menjadi NIS, dan rekannya ketika bertugas di NIS. Bagaimanakah kelanjutan ceritanya? Semua akan teman-teman ketahui di film berjudul Hitman: Agent Jun yang rilis pada tahun 2020 lalu.

Film rilisan Korea Selatan ini mendapatkan rating 6,4/10 di laman IMDb dan mengedepankan alur cerita yang ringan untuk diikuti. Meskipun film ini mendapatkan kritik karena alur cerita yang kurang kuat, namun unsur komedi yang dimasukkan dalam alurnya menjadikan film ini memiliki kelebihan tersendiri. Tertarik untuk menonton Hitman: Agent Jun? Teman-teman bisa menontonnya di layanan streaming kesayangan masing-masing.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak